Tower Dibangun di Desa Pasimarannu Tak Kantongi Izin

3/04/2021 | 13:22 WIB

Bagikan:

 

Tower Dibangun di Desa Pasimarannu Tak Kantongi Izin

INSTINGJURNALIS.com - Pembangunan Menara Telekomunikasi (Tower) kembali ditemukan di Kabupaten Sinjai yang diduga belum mengantongi izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.


Pembangunan tersebut terletak di Dusun Marana, Desa Pasimarannu,  Kecamatan Sinjai Timur diduga ilegal. Berdasarkan pantauan Tower yang mulai dibangun oleh salah satu vendor dalam keadaan tersegel.


Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib mengaku bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan rekomendasi soal pembangunan tower di Desa Pasimarannu.


"Kami belum pernah mengeluarkan rekomendasi," kata Irwan, Kamis (4/3/2021).


Karena itu, Irwan menegaskan, bagi vendor yang bakal membangun tower di Kabupaten Sinjai agar tidak serta merta melakukan pembangunan tanpa mengantongi izin dari PTSP.


Disamping itu, dia meminta kepada vendor untuk mengikuti regulasi yang ada, sebab dalam pengurusan izin akan cepat selama persyaratan sudah lengkap.


"Tidak ada yang susah kalau semua persyaratan lengkap dan itu sudah menjadi komitmen kami dengan Dinas PTSP Sinjai untuk memberikan kemudahan kepada setiap orang yang mau melakukan investasi di Sinjai," jelasnya. 


Terpisah, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Lukman Dahlan memastikan pembangunan tower tersebut hingga saat ini belum mengantongi izin. Kendati, Lukman menyebut, jika pemilik tower sudah mengajukan permohonan, namun belum dilakukan peninjauan oleh PTSP.


"Memang sudah ada yang mengajukan izin, tetapi kami belum keluarkan. Sehingga saya pastikan pembangunan tower (Pasimarannu-Read) belum mengantongi izin,"  jelasnya. 


Sementara itu, pekerja bangunan tower yang juga warga Desa Pasimarannu, Asri mengaku bahwa sebelumnya, pihak perusahaan telah melakukan penggalian lubang untuk membangun tower, diantaranya di Desa Aska Kecamatan Sinjai Timur, Desa Saotengnga Kecamatan Tellulimpoe, dan Desa Pasimarannu Kecamatan Sinjai Timur.(*)


Laporan: Satria




Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI