TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

116 Ribu Warga Sinjai Nikmati Kesehatan Gratis

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Komitmen Pemerintah Sinjai terhadap kesehatan gratis tetap menjadi prioritas utama. Kesehatan gratis yang dituangkan dalam program unggulan tetap diutamakan. 


Sebab, kesehatan gratis ini dituangkan dalam program unggulan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.


Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sinjai, Andi Muh. Idnan, mengemukakan, perhatian Bupati Andi Seto Asapa (ASA) dalam program layanan kesehatan gratis bagi warga Sinjai memang cukup besar.


Kata dia, hingga periode Mei 2021, jumlah warga Sinjai yang dibiayai Pemkab Sinjai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebanyak 116.696 jiwa. Sedang tanggungan yang bersumber dari APBN sebanyak 92.483 jiwa.


Dengan begitu, besaran anggaran yang dikeluarkan oleh Pemkab Sinjai untuk tanggungan peserta BPJS setiap bulannya mencapai Rp4,4 Miliar.


"Ini menyangkut masalah pelayanan kesehatan sehingga bupati mengharapkan program BPJS dengan asas kegotongroyongan ini, masyarakat Sinjai dapat terlindungi dengan program ini," ungkap Idnan yang ditemui diruang kerjanya, Senin (31/05/2021)


Salah satu kelebihan Pemkab Sinjai dalam cakupan layanan kesehatan gratis ini adalah statusnya yang telah mengantongi Universal Health Coverage (UHC), sehingga memudahkan masyarakat dalam pengurusan BPJS gratis.


"Anggota keluarga yang belum masuk tanggungan dari peserta sebelumnya tidak perlu lagi menunggu 15 hari baru aktif, tapi begitu diterbitkan kartunya maka hari itu pula langsung aktif," jelasnya.


Sementara itu, Bupati ASA menyampaikan, program kesehatan gratis memang menjadi program unggulan sejak awal pemerintahannya.


Tujuannya, memberi kepastian jaminan kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap warga. 


"Komitmen kami tidak boleh lagi ada masyarakat miskin yang tidak memiliki BPJS ataupun tidak terlayani di fasilitas kesehatan (Faskes)," tandasnya.


Selain kepesertaan BPJS yang ditanggung pemerintah, Dinsos Sinjai juga mencatat kepesertaan BPJS kesehatan dari Apartur Sipil Negara (ASN) sebanyak 17.963 jiwa, perangkat desa 1.825 jiwa sedang peserta mandiri 14.257 jiwa.


Komentar0

Type above and press Enter to search.