Banjir di Kota Sinjai Masih Jadi Fenomena

5/07/2021 | 04:01 WIB

Bagikan:

 

Banjir di Kota Sinjai Masih Jadi Fenomena

INSTINGJURNALIS.com - Fenomena banjir disejumlah ruas jalan di Kota Kabupaten Sinjai nampaknya bukan lagi menjadi hal yang baru terlihat di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah tersebut.


Pasalnya, saat musim hujan datang, masyarakat diperhadapkan dengan genangan air yang terjadi dimana-mana. Seperti dua hari terakhir ini, curah hujan yang tinggi mengakibatkan genangan banjir terjadi dibeberapa titik. 


Misalnya, di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tondong, Jalan KH. Agus Salim, Jalan dr. Hamka Jalan Bulu Lohe dan beberapa ruas jalan lainnya. 


Meski, warga kerap berteriak meminta Pemkab Sinjai untuk serius menangani persoalan tersebut. Hanya saja, hingga saat ini pemerintah belum mampu menuntaskan persoalan ini.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, Budiaman mengatakan, sesuai analisa BMKG yang diterima intensitas hujan semakin meningkat, sehingga pihaknya melakukan beberapa kegiatan untuk antisipasi namun karena kondisi geografis yang ada saat ini beberapa titik ruas jalan di kota Sinjai masih tergenang banjir. 


BPBD kata dia, fokus pada antisipasi risiko yang bakal timbul sebab tidak ada lagi upaya yang dilakukan ketika kondisi curah hujan tinggi, air pasang naik serta kondisi geografis yang ada. 


"Kemarin sudah ada rencana pembangunan embung mungkin tahun depan bisa terealisasi, tapi untuk saat ini jika musim hujan tiba kondisi memang begini, kita hanya upayakan meninimalisir kerusakan dan jangan sampai ada korban jiwa dari peristiwa ini," katanya, Kamis (6/5/2021).


Dikatakan bahwa, pihaknya juga selalu sigap ketika terjadi bencana alam dan langsung merespon dengan cepat kejadian-kejadian yang terjadi pada masyarakat. 


Editor: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI