TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Cerita Warga Sinjai Terima Bantuan Bedah Rumah, Terima Kasih Bupati

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Masyarakat Kabupaten Sinjai mengapresiasi realisasi program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggulirkan bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan Bedah Rumah.


Salah satu warga penerima manfaat, Asniati (46) mengaku bersyukur dengan program pemerintah khususnya Pemerintah Sinjai selaku fasilitator. Bangunan rumah yang dulunya hanya terbuat dari dinding papan dan beralaskan karpet. Kini sementara dalam proses pembangunan atau rehab menjadi rumah yang layak huni dan nyaman. 


"Saya senang sekaligus bersyukur sekali dapat bantuan bedah rumah dari pemerintah. Mudah-mudahan nanti setelah diperbaiki kami sekeluarga sudah merasa nyaman tinggal di rumah," ungkap warga Lingkungan Taipa, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara itu.


Wanita berprofesi sebagai IRT ini mengakui sebelumnya, banyak bagian rumahnya yang sudah rapuh dan belum mampu untuk melakukan perbaikan karena alasan ekonomi.


"Terima kasi telah membantu kami selaku warga miskin, berkat upayanya kami bisa tinggal di rumah layak huni ini nantinya," tuturnya. 


Abd. Karim (54), warga yang berdomisili di jalan Andi Paddo Kelurahan Biringere juga mengapresiasi program yang dikelola secara swadaya ini. 


Ia mengaku rumah panggung kediamannya selama berpuluh tahun kondisinya sudah tidak layak sebab atap sudah bocor dan dindingnya sudah rapuh sehingga kondisinya memprihatinkan jika hujan turun. 


Menurut Karim, bantuan ini totalnya senilai 20 juta rupiah yang terdiri dati bahan bangunan sebilai Rp 17,5 juta  yang diterimanya berbentuk fisik atau material bangunan sedangkan untuk gaji tukang yang diterima berbentuk uang sebesar 2,5 juta rupiah. 


Ia mengatakan, jika program itu terus berjalan tentu akan sangat membantu tidak hanya untuk dirinya, namun juga bisa menyasar kepada warga lain yang kurang mampu.


"Semoga program ini terus berlanjut karena masih ada warga lain juga membutuhkan bantuan seperti ini.  Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati dan semua pihak atas adanya bantuan bedah rumah ini," tuturnya. 


Menanggapi hal ini, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa mengatakan bahwa program bedah rumah ini diharapkan bisa menjadi rumah yang nyaman bagi masyarakat tidak mampu di Sinjai. 


"Kedepan harapan kita lebih banyak lagi rumah-rumah warga di Sinjai ini yang diperbaiki, sehingga masyarakat tidak mampu dapat menikmati hunian yang lebih layak," imbuhnya.


Sekedar diketahui, tahun ini sebanyak 59 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Sinjai mendapatkan bantuan BSPS dengan sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan 170 unit rumah bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Pusat.

Komentar0

Type above and press Enter to search.