TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Genjot Sektor Perikanan, Bupati Sinjai Gandeng Investor

Satria



INSTINGJURNALIS.Com--Pemerintah Kabupaten Sinjai menggandeng pihak PT Lontara Jaya dalam meningkatkan kualitas pengelolaan hasil perikanan. Kedatangan eksportir itu guna melakukan investasi di bidang perikanan. 


Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa merespon hal itu, kata dia kehadiran investor untuk berinvestasi akan membawa dampak positif bagi perekonomian warga sebab peluang lapangan kerja terbuka lebar. 


Termasuk membantu nelayan karena bahan pokoknya 100 persen dari hasil tangkapan nelayan, sehingga bisa langsung dibeli oleh pihak PT Lontara Jaya Sakti (investor). 


"Masuknya eksportir ini pasti menyerap tenaga kerja lokal, itu sudah menjadi hal mutlak. Apalagi produknya diolah di Sinjai dan langsung diekspor, tidak perlu lagi ke daerah lain," tukasnya.


Dengan adanya investor yang membuka usaha semacam ini, kata dia, akan menjadi percontohan sehingga bisa merangsang investor-investor berskala besar untuk masuk ke Sinjai.


Sementara itu, Perwakilan PT Lontara Jaya Sakti, Citra mengaku kunjungan ke Kabupaten Sinjai untuk melaporkan mengenai rencana investasi dalam pengolahan ikan.


Alasannya, sebab potensi perikanan cukup besar. Sekitar 60 persen hasil perikanan dan kelautan Sinjai yang masuk ke kawasan Kima Makassar di ekspor keluar. 


"Saya katakan 60 persen itu hasil perikanan yang masuk ke Makassar untuk di ekspor itu didapat dari Sinjai. Selain itu produk perikanannya lebih fresh yang kita ambil langsung dari Sinjai," tambahnya. 


Pengelohan hasil perikanan dan kelautan ini rencananya akan beroperasi di kawasan Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Lappa dan sentra pengolahan ikan di IKM Larea-rea dengan hasil produksi berupa frozen, ikan fresh hingga pindangnya. 


"Insya Allah tahun ini tapi kita akan urus pengajuan standarisasi kelayakan pengelolaannya dulu, begitu keluar izinnya, kita bisa mengolah atau produksi dan langsung di ekspor", jelasnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.