TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Momentum Hari Sumpah Pemuda, Andi Seto Asapa Ingatkan Tantangan Pemuda di Masa Depan

Satria

INSTINGJURNALIS.Com--Momentum Hari Sumpah Pemuda yang ke-93, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa mengajak para pemuda dan generasi millenial di Kabupaten Sinjai untuk bersama-sama, bersatu, berkarya, berkreasi, dan berinovasi dalam memulihkan kondisi ekonomi masyarakat. 


Ia berharap sebagai generasi penerus bangsa, pemuda merupakan salah satu tonggak penting dalam perekonomian. Terlebih di era digitalisasi saat ini, peran dan ide-ide kreatif pemuda sangat dibutuhkan untuk membangun perekonomian, apalagi dalam masa pandemi seperti saat ini.


Melalui tema hari Sumpah Pemuda tahun ini “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Kami yakin ditangan para pemuda, bangsa ini bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi," kata Andi Seto Asapa, Kamis (28/10/2021). 


Bupati lulusan Magister di Monash University Australia ini juga mengingatkan tantangan pemuda di masa depan. Mulai dari bonus demografi hingga kemajuan iptek.


Tantangan demografi yang dimaksud adalah pertumbuhan penduduk usia produktif di Indonesia, termasuk Sinjai yang terus meningkat dari waktu ke waktu.


"Iklim persaingan kerja akan makin kompetitif. Pertumbuhan penduduk usia muda harus diiringi dengan peningkatan kreativitas dalam berekonomi. Oleh sebab itu salah satu program unggulan kami yaitu melahirkan 1000 wirausaha muda baru," jelasnya. 


Menurutnya, generasi milenial saat ini banyak bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Mindset ini harus diubah menjadi wirausaha yang bisa menciptakan dan menyerap banyak tenaga kerja. 


"Selaku agen perubahan, pemuda harus inovatif dalam menciptakan lapangan kerja.  Saya apresiasi kepada salah satu Pemuda di Sinjai yang berhasil masuk dalam kompetisi Pemuda Pelopor tingkat nasional berkat usaha yang dijalankan.  Semoga ini menjadi spirit bagi pemuda lainnya, " kata Bupati ASA. 


Selain itu, generasi muda harus bisa memanfaatkan instrumen teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri. 


Di momentum Hari Sumpah Pemuda ini,  tak lupa Bupati ASA juga memberi apresiasi kepada para pemuda yang ada di Sinjai yang terus  bersinergi dan mensuport Pemerintah daerah dalam membangun Sinjai.


Tidak bisa dipungkiri peran pemuda begitu besar dalam memberikan dukungan dan masukan kepada Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat termasuk dalam mengatasi pandemi Covid-19.


"Alhamdulillah saat ini kasus Covid-19 di Sinjai sudah nihil,  semua ini berkat kejasama dari seluruh pihak termasuk peran Pemuda melalui organisasi Pemuda yang ada di Sinjai. Semoga sinergi ini terus terjalin dengan baik.  Untuk itu, saya ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda,  semoga Pemuda Sinjai terus inovatif dan berkarya untuk Sinjai yang lebih maju " tutupnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.