Dinas Pertanian Sinjai Sebut Alokasi Pupuk Bersubsidi Capai 11.400 Ton

 

Kadis TPHP Sinjai, H. Kamaruddin memantau stok pupuk di salah satu gudang pupuk di Sinjai Timur.

INSTINGJURNALIS.COM - Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin, menyebut alokasi pupuk bersubsidi di Kabupaten Sinjai meningkat dan mencapai 11.400 ton.


Jumlah ini kata dia meningkat tajam dari tahun 2022 lalu, yang hanya mencapai 7 ribu ton selama 2 musim tanam.


"esuai alokasi untuk Kabupaten Sinjai mendapatkan pupuk subsidi sekitar 11.400 ton," katanya, belum lama ini.


Kamaruddin, merinci peningkatan alokasi pupuk bersubsidi terdiri dari pupuk Urea dari 5.000 ton menjadi 6.000 ton, sedang pupuk NPK dari 2.000 ton menjadi 5.400 ton.


Pihaknya memastikan, pupuk bersubsidi tersebut sudah dapat dimanfaatkan mulai saat ini untuk musim tanam Oktober-Maret sehingga para petani bisa memaksimalkan serapan.


"Jadi silakan petani memaksimalkan serapan, membeli jatah alokasi mereka untuk usaha tani karena hampir semua pengecer sudah melakukan penebusan," ujarnya. 


Meski demikian,  pihaknya tetap mengajak para petani untuk tidak tergantung pada pupuk kimia subsidi, tetapi juga memanfaatkan pupuk organik. 


"Kita terus mengedukasi petani agar beralih ke pupuk organik, tahun lalu kita rutin mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik sehingga petani secara swadaya mampu memenuhi kebutuhan pupuknya sendiri," tandasnya. (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Bagikan :
RajaBackLink.com