Gunakan Eks Hotel Sinjai, Pemkab Bakal Hadirkan Mal Pelayanan Publik

 

Bangunan Eks Hotel Sinjai.

INSTINGJURNALIS.COM  Pemerintah Kabupaten Sinjai, tahun ini bakal menghadirkan Mall Pelayanan Publik (MPP). Lokasinya akan bertempat di eks Hotel Sinjai, jalan Persatuan Raya.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sinjai, Lukman Dahlan mengatakan pembangunan MPP merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 23 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik. 


Dalam prakteknya, MPP berisikan seluruh pelayanan dari semua OPD (organisasi perangkat daerah) yang dulunya terpisah, kini menjadi satu kesatuan yang saling bersinergi.


Selain itu, MPP nantinya dikonsep terintegrasi dengan melibatkan lintas instansi seperti instansi vertikal, hingga BUMN dan BUMD. 


“Dengan konsep MPP menyatukan semua lintas dinas dan juga lintas vertikal ini akan dapat melayani masyarakat dalam satu tempat. Jadi tidak ada lagi pelayanan di kantor-kantor, misalnya mau buat KTP tidak perlu lagi ke Disdukcapil, demikian juga layanan SIM dan SKCK cukup di sini saja bisa jadi,” katanya.


Sambung Lukman, MPP ini bertujuan untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangakauan, serta aman dan nyaman pada masyarakat dalam mengurus suatu keperluan. 


Bukan hanya itu, pihaknya juga akan menyiapkan beragam fasilitas untuk memenuhi standar pelayanan. Terutama bagi disabilitas. Termasuk pojok baca dan fasilitas pendukung lainnya. 


"Ada 26 outlet atau gerai dari beberapa instansi akan bergabung disini. Kami target bulan Juli 2023 sudah bisa diresmikan supaya bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat," tuturnya. 


Lukman menambahkan,  segala dokumen perizinan pendirian MPP ini pun telah mendapat persetujuan dari Kemenpan RB. 


"Ini komitemen dari bapak Bupati Sinjai yang berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Yakni dengan membangun Mall Pelayanan Publik,” tutupnya.


Terpisah, Kadis PUPR Sinjai, H. haris Achmad menuturkan anggaran pembangunan MPP yang telah disiapkan senilai Rp3,5 miliar tahun ini. 


"Anggarannya sudah siap, Rp2,5 miliar rupiah untuk pembangunan fisik dan Rp1 miliar rupiah untuk biaya peralatan," kuncinya. (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI :


Bagikan :
RajaBackLink.com