Ketersediaan BBM dan Supply Listrik di Sulsel Dipastikan Aman

06 June 2018 | 15:51 WIB

Bagikan:
Ketersediaan BBM dan Supply Listrik di Sulsel Dipastikan Aman
INSTINGJURNALIS.com, JAKARTA - Komisi VII DPR RI memastikan aman ketersediaan semua jenis BBM di Marketing Operation Region VII Makasar, Sulawesi Selatan dan supply energi listrik dalam  menghadapi hari raya  Idul Fitri dan pasca Idul Fitri.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi VII Mukhtar Tompo di sela-sela pertemuan Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR dengan Direksi PT. Pertamina (Persero) dan Direksi PT. PLN (Persero) di Terminal BBM MOR VII Makasar, Sulawesi Selatan, Senin (04/6/2018)

“Kami tadi menanyakan secara spesifik, sangat gamblang dan dipastikan tidak ada masalah karena sudah diantisipasi secara sistem supply dari pertamina pusat ke seluruh MOR. Terutama di MOR VII ini, itu dianggap tidak ada masalah karena persoalan-persoalan yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya sudah dievaluasi dan dijadikan bahan untuk mencarikan solusi pada lebaran kali ini,” paparnya dilansir dpr.go.id.

Dalam kesempatan tersebut, Politisi Hanura ini menjelaskan, data mudik lebaran baik yang menggunakan kapal laut yang difasilitasi oleh Pertamina maupun yang menggunakan jalur trasnportasi menggunakan bahan bakar jenis avtur, semuanya sudah dihitung oleh Pertamina dan pasokannya dipastikan aman untuk menghadapi lebaran dan pasca lebaran.  Pertamina sudah mengantisipasi semua, termasuk ketersediaan LPG 3 kg.

 “Tadi sempat saya menanyakan bagaimana mengantisipasi seandainya misalnya ada agen-agen yang kekurangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan LPG 3 kg, rupanya Pertamina sudah memiliki sistem sendiri untuk membantu keberadaan agen yang mungkin belum merata di setiap kabupaten/kota terutama di kecamatan-kecamatan dan desa-desa. jadi agen-agennya sudah ada pangakalan,” ungkapnya.

Namun, jika ada hal-hal yang sangat teknis yang membutuhkan penanganan khusus, maka Pertamina sudah menyiapkan armada khusus untuk  langsung menyasar ke lokasi atau objek terkait.  “Saya sudah coba dua kali, salah satunya yang ada di Mamuju Utara dan itu betul saya telepon hari ini dan besok langsung diselesaikan,” imbuhnya.

Dalam kunjungan kerja yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VII Tamsil Linrung tersebut, ia juga memastikan pasokan listrik wilayah Sulawesi aman. Menurutnya, dari data PLN berdasarkan jaringan yang ada dan ketersediaan supply energi listrik dipastikan untuk wilayah Sulawesi aman terutama yang mengalami surplus itu Sulawesi bagian selatan. 

“Jadi untuk Kota Makasar secara khusus dan Sulawesi Selatan secara umum itu dianggap tidak ada masalah sampai pasca lebaran,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, dari presentasi yang disampaikan GM PLN, ia menilai data yang disampaikan cukup akurat tinggal realisasinya nanti.

"Saya sebagai Anggota Komisi VII Dapil Sulawesi Selatan pasti akan lebih concern  lagi, bilamana ada hal-hal yang teknis dan tidak linier dengan penjelasan yang disampaikan   PLN, maka saya akan melakukan komunikasi secara intensif untuk mecarikan solusi atas persoalan yang mungkin akan terjadi, tapi kita berharap semoga apa yang dipaparkan ini sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi segala kemungkinan keadaan darurat,  PLN sudah menyiapkan beberapa genset. “Kalau  sekiranya ada trafo yang terbakar atau entah ada yang disfungsi sekiranya tiba-tiba, PLN sudah punya perangkat otomatis untuk mengantisipasi itu,” tutupnya. (*)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI