Bentuk Kekuatan Pada Pilkada Gowa, PKS Siap Satukan Kubu Petahana dengan Keluarga Kerajaan

7/08/2019 | 02:47 WIB

Bagikan:

INSTINGJIRNALISM.Com--Untuk membentuk kekuatan pada Pilkada Gowa 2020, Dewan Perwakilan Daerah (DPC) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Gowa berencana akan menyatukan kubu, yakni kubu Bupati Petahanan Adnan Pirichta Ichsan serta kubu keluarga Kerajaan Gowa.

Ketua DPD PKS Gowa, Trie Alfiard Hasyim, menurutnya, PKS mencoba untuk menjadi perekat dua kekuatan itu pada pilkada mendatang.

"Insyaallah Pilkada 2020, PKS akan berupaya menyatukan dua kekuatan," kata  Minggu (07/07/2019).

Hal itu merujuk pada dua Pilkada Gowa sebelumnya, dimana sebelumnya, PKS selalu berada di kubu Andi Maddusila Andi Idjo yang merupakan keluarga kerajaan Gowa. Tahun 2010, PKS mengusung pasangan Andi Maddusila Andi Idjo-Jamaluddin Rustam.

Ketika itu PKS berkoalisi dengan Partai Karya Peduli Bangsa, PPRN, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Perjuangan Indonesia Baru, PKB, Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Damai Sejahtera, PBB, Partai Indonesia Sejahtera, dan PSI.

Ketika itu, pasangan Andi Maddusila Andi Idjo-Jamaluddin Rustam meraih suara 134.409. Kalah melawan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Abd Razak Badjidu yang meraih 184.628 suara.

Tahun 2015, PKS mengusung pasangan Andi Maddusila Andi Idjo-Wahyu Permana. PKS yang membangun koalisi bersama Partai Demokrat dan Hanura kalah melawan pasangan perseorangan Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni.

Trie mengatakan, pihaknya akan mencoba merekatkan kubu keluarga kerajaan dengan Bupati petahana Adnan Purichta Ichsan pada Pilkada Gowa 2020. "Insyaallah PKS mencoba menjadi perekat," imbuh Trie.

Sejauh ini, kata Trie, pihaknya telah membentuk Tim Pemenangan Pilkada Daerah untuk menghadapi Pilkada Gowa 2020. Menurutnya, tim tersebut akan segera melakukan agenda-agenda berdasarkan tahapan.

Trie juga mengaku telah membangun komunikasi dengan sejumlah partai sejauh ini. Akan tetapi dirinya masih enggan membocorkan partai-partai tersebut.

"Sudah ada tiga partai (diajak komunikasi). Jadi berempat dengan PKS, tapi baru mulai penjajakan," katanya.

Trie menyampaikan, pihaknya berencana untuk mendorong kader sendiri pada Pilkada Gowa 2020 ini. Pihaknya ingin mendorong kadernya sebagai 02 bersama partai koalisi yang dibangun nantinya.

"Insyaallah. PKS bakal menyiapkan kader untuk bertarung pada pilkada 2020, karena akan koalisi partai, kemungkinan besar 02 (diajukan)," tandas Trie.

Diketahui PKS meraih tiga kursi pada kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Gowa.

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI