Tak Rugikan Pengusaha, Pemkab Sinjai Jamin MPOS Maksimalkan Penerimaan Pajak Daerah

22 August 2019 | 19:54 WIB

Bagikan:
Tak Rugikan Pengusaha, Pemkab Sinjai Jamin MPOS Maksimalkan Penerimaan Pajak Daerah

INSTINGJURNALIS.com - Perangkat Mobile Payment Online Sistem (MPOS) atau aplikasi kasir online yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Sinjai kepada para pengusaha rumah makan, warung dan restoran di Bumi Panrita Kitta akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebab, sejak pemasangan tahap pertama beberapa bulan lalu, PAD dari sektor tersebut terbilang meningkat signifikan hingga mencapai hampir 400 persen.

“Ini yang juga menyebabkan kami meminta penambahan unit MPOS melalui vendor Bank Sulselbar Sinjai agar penerimaan pajak maksimal,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sinjai, Asdar Amal Darmawan, Kamis (21/8/2019).

Dikatakan Asdar, MPOS tersebut berfungsi sebagai alat perekam transaksi yang dilakukan di rumah makan atau restoran yang langsung terkoneksi dengan server Bapenda, Bank Sulselbar serta KPK.

"Dengan adanya MPOS ini secara tidak langsung penerimaan pajak akan maksimal dan ini tidak merugikan pengusaha rumah makan, tetapi mereka juga turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah," jelasnya.

Yang pasti lanjut Asdar, ini akan menciptakan transparansi pajak dan untuk target PAD khusus rumah makan itu 2 miliar pertahun. Sementara terkait adanya beban terhadap pemilik rumah makan terhadap MPOS jelas dia, itu salah.

"Justru hadirnya sistem MPOS pemilik warung malah lebih diuntungkan secara psikologis terhada konsumen," katanya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menegaskan upaya peningkatan penerimaan pajak ini semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan transparansi pajak.

Kata Andi Seto, dengan adanya MPOS ini Kabupaten Sinjai mendapat apresiasi dari KPK karena pengaplikasian MPOS ini yang paling pesat kemajuannya.

"Ini semua dipantau KPK setiap harinya," ujarnya.

Disisi lain, alumnus Monash University Melbouene Australia ini, mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha Sinjai yang telah bersinergi dengan Pemda.

"Saya kagum dengan komitmen para pengusaha Sinjai untuk menggunakan MPOS di setiap transaksinya. Yang pasti apa yang kita lakukan selama ini semata-mata bagaimana pembangunan di daerah kita agar lebih maju kedepannya," pungkas Andi Seto. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI