TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Andi Seto Satu-satunya Bupati di Indonesia Didaulat Jadi Narasumber di Konferensi Nasional Bantuan Hukum

Andi Seto Satu-satunya Bupati di Indonesia Didaulat Jadi Narasumber di Konferensi Nasional Bantuan Hukum

INSTINGJURNALIS.com - Andi Seto Gadhista Asapa menjadi satu-satunya Bupati di Indonesia diundang menjadi narasumber pada Konferensi Nasional Bantuan Hukum II, di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar Bali, Rabu (11/9/2019).

Konferensi ini digelar Badan Pertimbangan Hukum Nasional (BPHN) Kementrian hukum dan HAM bekerjasama dengan TIFA Foundation.

Master In Law, Monash University, Melbourne Australia pada kesempatan itu, memaparkan Standar Layanan Bantuan Hukum Gratis di Kabupaten Sinjai.

Dia menyatakan, Konferensi Nasional Bantuan Hukum tersebut sangat bermanfaat dan membuka akses bagi masyarakat, terutama masyarakat miskin untuk mendapatkan keadilan dengan bantuan hukum gratis.

"Dengan adanya Konferensi ini, hambatan-hambatan yang dialami oleh Pemerintah Daerah dalam menjalankan Program Bantuan Hukum Gratis bisa mendapatkan solusi," kata Andi Seto.

Apalagi, Pemerintah Daerah mendapatkan kendala dalam hal melakukan kerjasama dengan Organisasi Bantuan Hukum karena adanya sistem akreditasi yang dibuat oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Bupati, yang berlatar belakang  Advokat dan Pengusaha ini juga memaparkan berbagai ide dan gagasan untuk memperkuat Bantuan Hukum di Indonesia di masa depan.

Karena itu, ia berharap kepada pemerintah pusat untuk dapat menjadikan program ini menjadi program wajib bagi daerah dan dianggarkan lewat APBN dan APBD.

Narasumber lain yang hadir pada kegiatan itu yakni, Sekretaris Mahkamah Agung, Kabareskrim, Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum Kejaksaan Agung RI, Kapus Penyuluhan dan Bantuan Hukum BPHN, Staf Ahli Bappenas, Pakar Hukum dari Universitas Udayana, serta Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Konferensi Nasional Bantuan Hukum II, dihadiri aktivis NGO, Perwakilan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah, Perwakilan dari Kanwil Hukum dan HAM Se- Indonesia.

Terkait Inovasi Bantuan Hukum gratis, pada Mei 2019 Andi Seto Gadhista Asapa, juga menjadi Pembicara pada Word Justice Forum VI , di Word Justice Project  di Word Justice Forum Convention  Center, Den Haag, Belanda. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.