TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tambatan Perahu Dibangun, Andi Seto Harap Daerah Lappa Bebas Dari Kawasan Kumuh

Tambatan Perahu Dibangun, Andi Seto Harap Daerah Lappa Bebas Kawasan Kumuh
Andi Seto Gadhista Asapa

INSTINGJURNALIS.com - Melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kabupaten Sinjai ditargetkan bisa terbebas dari kawasan kumuh.

Angka kawasan kumuh di Bumi Panrita Kitta julukan daerah tersebut pun turun cukup drastis dari tahun ke tahun.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengatakan, melalui program KOTAKU banyak daerah Sinjai yang terbebas dari kumuh melalui intervensi program baik dari dana Pusat, Provinsi maupun daerah.

Dimana kata dia, tahun 2015, kawasan kumuh di Sinjai berkisar 66 hektar, di tahun 2019 ini telah tertangani sekitar 31 hektar atau 46 persen.

“Dengan dibangunnya lokasi tambatan perahu ini, masyarakat tidak lagi membuang sampah di tempat tersebut sehingga kita harapkan daerah Lappa yang merupakan representatif kota Sinjai ini betul-betul terbebas dari wilayah kumuh dan membudayakan hidup bersih, ” ujar Andi Seto sesaat sebelum meletakkan batu pertama pembangunan tambatan perahu di Lingkungan Larea-rea Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara,  Senin (9/9/2019).

Pembangunan tambatan perahu  tersebut adalah salah satu realisasi dari pemanfaatan dana Badan Keswadayaan Masyarakat (BPM) program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tahun anggaran 2019.

Kata Andi Seto, program KOTAKU ini sejalan dengan kebijakan nasional dimana target pemerintah nasional yaitu terpenuhinya akses 100-0-100 tahun 2019 yaitu pemenuhan 100% akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0%, dan pemenuhan 100% akses sanitasi.

Pelaksana Tugas Camat Sinjai Utara Andi Jefriyanto Asapa menyampaikan bahwa program KOTAKU tahun 2019 ini menyasar 3 Kelurahan yaitu Kelurahan Balangnipa dengan dana Rp. 500 juta,  Kelurahan Lappa Rp. 1 milyar dan Kelurahan Bongki sekitar Rp. 600 juta.

“Sejak adanya program KOTAKU khususnya di Kelurahan Lappa ini ada perubahan pola hidup signifikan masyarakat yang sebelumnya membuang sampah disembarang tempat, kini Alhamdulillah sekarang sudah memilah sampah dan menempatkan sampah itu pada tempat-tempat yang telah disediakan,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Anggota Forkopimda, Ketua dan para Wakil Ketua DPRD Sinjai,  Sekda Sinjai,  para Kepala OPD,  Kabag, para Lurah dan masyarakat setempat. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.