TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pesta Adat Mappogau Sihanua, Pemkab Sinjai Pikirkan Inovasi Baru

Pesta Adat Mappogau Sihanua, Pemkab Sinjai Pikirkan Inovasi Baru

INSTINGJURNALIS.com - Ribuan warga dari berbagai tempat,  menghadiri pesta adat Mappogau Sihanua di kampung adat Karampuang di desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Kamis (17/10/2019).

Event yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat pendukung kebudayaan Karampuang tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong bersama sejumlah kepala OPD Lingkup Pemkab Sinjai.

"Pesta adat Mappogau Sihanua ini merupakan ajang silaturahim. Seperti yang kita lihat bahwa masyarakat dari seluru penjuru datang menyaksikan langsung kegiatan ini. Bukan hanya penduduk asli tetapi juga keluarga yang merantau datang kembali tiada lain untuk silaturahim kepada para keluarga," kata Andi Kartini disela-sela kegiatan itu.

Dia mengatakan bahwa, persatuan diantara masyarakat cukup kuat. Sehingga ini perlu dilestarikan, apalagi hal tersebut sudah diakui oleh negara, itu karena budaya ini telah mendapat penghargaan dari Kementerian.

Dengan begitu, Pemkab Sinjai lanjut Kartini sangat mengapresiasi Mappogau Sihanua tersebut, sehingga kedepan bagaimana inovasi-inovasi baru yang dimunculkan. Sehingga selain silaturahim juga muncul kegiatan ekonomi masyarakat.

"Kalau saya melihat dari tahun ke tahun cukup meningkat dan agenda-agenda yang dilaksanakan juga bertambah, itu menandakan sudah ada inovasi dari pemerintah daerah," ujar Kartini.

Pelaksanaan Pesta Adat Mappogau Sihanua Karampuang adalah perwujudan rasa syukur atas keberhasilan panen pertanian/perkebunan sehingga dilaksanakan sangat meriah. (Ardy)

Type above and press Enter to search.