Sukses Terapkan Kampung Iklim, Pemkab Sinjai Diganjar Penghargaan

10/02/2019 | 17:11 WIB

Bagikan:
Sukses Terapkan Kampung Iklim, Pemkab Sinjai Diganjar Penghargaan

INSTINGJURNALIS.com - Program Kampung Iklim ( Proklim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah menetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai sebagai penerima Penghargaan Proklim 2019.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati yang diwakili Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong didampingi Kepala Dinas LHK Sinjai, Arifuddin, pada acara Festival Iklim 2019 di Auditorium Manggala Wanabakti KLHK Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta, Rabu (02/10/2019) pagi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya Bakar mengatakan, Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hal itu, dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK.

Oleh karena itu, dia memberikan apresiasi Pembinaan Proklim Tahun 2019 kepada pemerintah daerah yang telah menetapkan kebijakan/peraturan, serta melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanakan perogram kampung iklim di wilayah setempat.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai Arifuddin mengatakan bahwa raihan penghargaan tersebut didapatkan karena Pemkab Sinjai mampu menerapkan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kapasitas adaptasi masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim, serta berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca di tingkat tapak

Turut menerima penghargaan, Handayani, yang juga Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri, Desa Saotengah, Kecamatan Tellulimpoe. KWT Mandiri juga baru-baru ini menjadi Lokus penilaian Kabupaten/Kota Sehat.

Handayani adalah sosok yang berperan menggalang peran serta warga di Saotengah untuk menerapkan Proklim. Sebelumnya ia juga menerima penghargaan kategori pelestari lingkungan dari Presiden Jokowi. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI