TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Camat Sinjai Selatan Ajak Tokoh Masyarakat Sosialisasikan Bantuan Hukum Gratis

Camat Sinjai Selatan Ajak Tokoh Masyarakat Sosialisasikan Bantuan Hukum Gratis

INSTINGJURNALIS.com - Titik kedua sosialisasi bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sinjai Bersatu berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Sinjai Selatan, Selasa, (3/12/2019).

Sosialisasi tersebut resmi dibuka oleh Camat Sinjai Selatan, Agus Salam. Dalam sambutannya ia mengajak para tokoh masyarakat termasuk Ketua RW, RT dan warga untuk bersama-sama memberikan  informasi adanya program Pemkab Sinjai soal adanya bantuan hukum gratis kepada masyarakat miskin.

"Saya kira ini yang sangat penting, peran aktif para tokoh masyarakat bersinergi dengan RT dan RW termasuk peserta yang hadir pada kesempatan ini untuk kemudian memberikan informasi bahwa ada program pemerintah daerah tentang masyarakat miskin yang membutuhkan pendampingan atau perlindungan hukum dari Pemkab Sinjai tentunya secara cuma-cuma atau gratis," imbuhnya.

"Apalagi memang ini bagian dari visi misi Bupati dan Wakil bupati, A Seto Gadhista Asapa dan Hj. Andi Kartini Ottong," sambung Agus.

Dalam sosialisasi ini, beberapa  point penting disampaikan kepada warga, salah satunya adalah implementasi dari sosialisasi ini adalah terbitnya Peraturan daerah Kabupaten Sinjai Nomor 18 Tahun 2013 tentang pemberian bantuan hukum kepada masyarakat miskin. Kemudian di susul dengan adanya Peraturan Bupati Sinjai Tahun 2018.

"Kenapa Pemkab Sinjai kemudian memprogramkan kegiatan ini semata-mata karena pemerintah ingin melindungi hak-hak hukum masyarakat yang selama ini tidak mampu membiayai perkara hukum utamanya mereka yang tergolong miskin," beber Syafaruddin dari bagian hukum Setdakab Sinjai.

Sejumlah narasumber hadir dalam sosialisai tersebut yakni, Kapolsek Sinjai Selatan, Iptu Pol. Lamirin, Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Sinjai, Erfan Basmar, Bagian Hukum  Setdakab Sinjai, serta nara sumber dari LBH Makassar.

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.