TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Perjuangan yang Mengagumkan, Tim PSC 119 Mannanti Jemput dan Gotong Pasien Inpartu

Perjuangan yang Mengagumkan, Tim PSC 119 Mannanti Jemput dan Gotong Pasien Inpartu

INSTINGJURNALIS.com - Meski harus melewati rintangan yang cukup berat. Namun semangat petugas Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Sinjai untuk memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat tak pernah surut.

Hal itulah yang ditunjukan Tim PSC 119 Mannanti, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sinjai. Terik matahari yang begitu menyengat di pagi hari, tak menghentikan langkahnya untuk mendatangi rumah warga yang membutuhkan pertolongan medis.

Tim PSC 119 yang dikordinir oleh Rukmawati, melakukan penjemputan pasien Inpartu di Dusun Bontolohe, Desa Bua, Kecamatan Tellu Limpoe bernama Mia (41).

Terkendala akses jalan, Tim PSC nampak bersama keluarga pasien menggotong pasien melewati area persawahan dan bukit yang cukup menantang selain itu jarak yang ditempuh cukup jauh sekitar 2 kilometer dari Jalan Raya.

Rukmawati, seorang bidan di Desa Bua berujar, bidan desa seperti diketahui bahwa mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis sebagai ujung tombak dalam memajukan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah pedesaan.

Khususnya kata dia, dalam membantu ibu-ibu hamil dan bayi atau anak-anak berumur di bawah lima tahun (balita).

"Meski harus melewati berbagai rintangan, tapi kami tidak patah semangat untuk datang mengunjungi dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ucap Rukmawati.

Disebutkan, bidan desa mempunyai peranan yang sangat besar dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi di daerah pedesaan. Sehingga, ketus dia, pihaknya intens melakukan kontrol Perkembangan kesehatan ibu hamil yang ada di wilayah kerjanya.

"Kami juga mengontrol perkembangan kesehatan ibu-ibu hamil, mulai dari awal mengandung, membantu proses kelahiran, sampai pasca kelahiran. Dengan misi yang mulia yaitu menghindari atau menekan seminimal mungkin terjadinya kasus kematian ibu dan bayi serta gizi buruk," pungkas Rukmawati.

Seperti itulah perjuangan, para bidan desa. Suka atau tidak suka, harus tinggal di daerah pedesaan dan melaksanakan tugas pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Mereka tidak berlebihan jika dijuluki sebagai "Pejuang Kesehatan Ibu dan Bayi" di daerah pedesaan. (*)

Berikut Videonya:
https://youtu.be/_aRoKWN0XP0
Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.