TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pastikan Penanganan Korban Banjir Maksimal, Bupati Barru Keliling Hingga Tengah Malam

Pastikan Penanganan Korban Banjir Maksimal, Bupati Barru Keliling Hingga Tengah Malam

INSTINGJURNALIS.com - Duka warga adalah duka bagi Bupati Barru Suardi Saleh dan jajarannya. Karena itu, kepala daerah yang dikenal merakyat ini memilih turun langsung berkeliling ke wilayah yang dilanda banjir, Minggu (12/01/2020).

Dari siang hingga larut malam, Suardi Saleh bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab), serta Tim Basarnas, keluar masuk ke pemukiman warga untuk memastikan penanganan atau evakuasi ke korban banjir bisa berjalan maksimal.

Selain menginstruksikan langsung aparatur desa dan kelurahan tanggap melakukan penanganan, Suardi Saleh juga menemui warga yang menjadi korban. Termasuk masih tetap meluangkan waktu melayat di salah satu rumah duka warga di Pujananting, Minggu (12/01/2020) malam.

Khusus di Kampung Labuangnge, Suardi Saleh bahkan nekat mendatangi warga yang rumahnya terkena dampak parah akibat banjir setelah mendapat laporan saat mampir beristirahat sejenak di salah satu rumah warga.

Suardi Saleh ngotot ke tempat tersebut, karena penghuninya yang bernama Agus, 54 tahun, telah lama menderita penyakit stroke. Saat menembus lokasi itu, eks aktivis Gappembar ini langsung menyalurkan bantuan sembako, sekaligus menguatkan warganya.

Setelah menemui warganya di Labuangnge, Suardi Saleh kemudian bergegas untuk melanjutkan perjalanannya. Kali ini, lokasi yang didatangi, yakni di Patalellangnge, Palanro. Selain mengamati langsung ketinggian air, ia juga menyempatkan berbincang dengan sejumlah warga setempat.

“Insya Allah, kami akan terus berusaha semaksimal mungkin melakukan penanganan mengantisipasi jatuhnya korban jiwa. Kami sudah mendirikan posko induk dan dapur umum, serta menyiapkan perahu karet di lokasi tertentu untuk mengevakuasi warga,” kata Suardi Saleh di sela-sela peninjauannya ke lokasi banjir.

[CUT]

Selain itu, pihaknya terus mengingatkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi banjir susulan. Begitu pun menginstruksikan kepada kepala desa dan lurah untuk siaga dan tanggap setiap saat di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat di Patalellangnge, Haji Irham, mengapresiasi kepedulian yang ditunjukkan Bupati dan jajarannya yang cepat turun menemui warga di lokasi banjir.

“Kami sangat bersyukur ada pemimpin yang mau turun langsung ke lapangan melihat kondisi warganya,” tutur Haji Irham, pemilik rumah makan di Kupa, Mallusetasi.

Berdasarkan pantauan, hingga Pukul 23.00 Wita, Suardi Saleh masih terus memantau dan berkoordinasi dengan jajarannya mengenai perkembangan banjir. Termasuk penanganan cepat jika ada pohon tumbang, maupun antisipasi pengalihan arus jika ada jalan yang terputus. (rls/ar)

Type above and press Enter to search.