Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Sinjai Keluarkan Imbauan

1/06/2020 | 12:58 WIB

Bagikan:
Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Sinjai Keluarkan Imbauan
Kepala BPBD Sinjai, Drs Budiaman

INSTINGJURNALIS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, puncak musim penghujan akan jatuh pada Februari dan Maret mendatang.

Untuk BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu siaga menghadapi cuaca ekstrem tersebut.

Imbauan serupa disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Memang memasuki perubahan musim maka kewaspadaan kita hendaknya lebih ditingkatkan lagi," pinta Kepala BPBD Sinjai, Drs Budiaman, menyampaikan Imbauan itu merupakan tindak lanjut dari imbauan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa yang diterbitkan pada bulan November 2019 lalu.

Budiaman mengatakan, memasuki musim hujan tahun 2020 ini, pemerintah desa/kelurahan juga diminta untuk segera melaporkan ke BPBD bila terdapat potensi bencana.

Apalagi, selama tahun 2020, BPBD Sinjai telah menerima 3 laporan pohon tumbang di wilayah Kabupaten Sinjai. Diperkirakan, pohon tumbang karena hujan deras, disamping itu usia pohon yang tumbang terbilang sudah tua.

"Pemerintah desa dan kelurahan untuk senantiasa mengimbau warganya agar dapat lebih berhati-hati memasuki musim hujan," imbuhnya.

Selain itu, dia berharap kesadaran masyarakat untuk aktif melakukan
pembersihan saluran air masing-masing, sehingga potensi terjadinya genangan bahkan ancaman banjir dapat diminimalisir. (**)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI