Sepak Terjang Bupati Majukan Pendidikan di Sinjai

2/27/2020 | 18:49 WIB

Bagikan:
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa saat menyerahkan langsung bantuan seragam sekolah

INSTINGJURNALIS.com - Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan merupakan suatu faktor kebutuhan dasar untuk setiap manusia sehingga upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, karena melalui pendidikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan.

Pendidikan juga mempengaruhi secara penuh pertumbuhan ekonomi suatu Negara (daerah). Hal ini bukan saja karena pendidikan akan berpengaruh terhadap produktivitas, tetapi juga akan berpengaruh terhadap fertilitas masyarakat. Pendidikan dapat menjadikan sumber daya manusia lebih cepat mengerti dan siap dalam menghadapi perubahan dan pembangunan suatu daerah.

Oleh karena itu, memasuki tahun kedua kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong berbagai kebijakan yang ditelorkan untuk kemajuan daerah yang di pimpimnya.

Terbukti diawal pemerintahannya, duet pasangan ini telah menyalurkan bantuan seragam sekolah gratis bagi siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Sinjai.

Pembagian seragam sekolah gratis telah dirasakan manfaatnya para siswa baru di Sinjai. Dengan begitu, Pemkab Sinjai berharap dapat meningkatkan sekaligus menunjang kualitas pendidikan di Bumi Panrita Kitta. Sebab, program ini sebagai bentuk kepedulian Bupati Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati terhadap dunia pendidikan di Sinjai.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengemukakan, pembagian seragam sekolah tersebut merupakan bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai di bidang pendidikan.

Realisasi program yang masuk dalam daftar visi misi Bupati Sinjai ini, dalam rangka meningkatkan minat anak sekolah dan meringankan beban orang tua siswa terkhusus siswa yang baru masuk sekolah di tingkat SD dan SMP.

[CUT]

Kebijakan tersebut menunjukkan perhatian khusus pemerintah terhadap proses akselerasi bidang pendidikan di daerah yang memiliki slogan 'Sinjai Bersatu'.

"Tahun 2019 pemerintah telah
menyalurkan seragam dan perlengkapan sekolah secara gratis mulai tingkat SD hingga SMP se Kabupaten Sinjai. Ada 6.747 siswa terdiri dari 3.531 siswa SD yang berasal dari 242 sekolah dasar dan 3.216 siswa SMP yang berasal dari 40 sekolah SMP yang tersebar di sembilan kecamatan," kata Andi Jefrianto Asapa, Rabu (26/2/2020).

Tak hanya itu, Perhatian Bupati terhadap pendidikan tidak tehenti sampai disitu. Terbukti dari alokasi anggaran juga disiapkan untuk beasiswa. Tak ayal, Pemkab Sinjai telah menganggarkan pemberian beasiswa dan bantuan kepada mahasiswa berprestasi sebesar Rp1,7 miliar lebih.

Program pemberian beasiswa berprestasi ini diperuntukkan bagi jenjang Strata Satu (S1), Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Sesuai dengan misi yang dijabarkan dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berlandaskan iman dan taqwa.

Total keseluruhan yang mendapat beasiswa sebanyak 156 orang masing-masing penyelesaian study S1 sebanyak 111 orang, bantuan penyelesaian study bidang profesi 1, bantuan penyelesaian study Keagamaan 4, bantuan penyelesaian study olahraga 4, bantuan penyelesaian study bidang ilmu dan teknologi 1, bantuan penyelesaian Study S2 26, bantuan penyelesaian study bidang akademik S2 9.

Lanjut kata Jefrianto, selain itu beberapa program yang menjadi rutinitas Dinas Pendidikan yakni pelantikan kepala sekolah yang baru-baru ini digelar secara serentak. Ini dalam rangka pengisian jabatan kepala sekolah yang masih lowong.

"Itu beberapa hal penting yang dilakukan Dinas Pendidikan tahun 2019. Sementara untuk tahun 2020 ini kembali hal yang sama akan dilakukan yakni pemberian bantuan seragam sekolah gratis dan bantuan beasiswa," jelasnya.

[CUT]

Peran aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar SDM yang dihasilkan dapat menjadi sumber dalam pembangunan, Bupati Sinjai juga memberikan perhatian penuh kepada bagi Guru Tidak Tetap (GTT) non Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai. Bupati memberikan insentif bagi guru Non ASN.

Sebelumnya, lanjut Jefrianto Pemkab Sinjai melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai juga telah melakukan penandatangan Memorandum of Underatanding (MoU) atau perjanjian kerjasama dengan Microsoft Indonesia tentang transformasi pendidikan era digital dengan teknologi Microsoft.

Kerjasama ini sebagai wujud perhatian microsoft terhadap perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai. Tujuannya untuk melakukan transfer pengetahuan terhadap guru ke siswa dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada Microsoft. (ads)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI