Dinkes Berdayakan UMKM Buat APD, Ini Kata Pengusaha

4/01/2020 | 20:35 WIB

Bagikan:
Dinkes Berdayakan UMKM Buat APD, Ini Kata Pengusaha

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai memberdayakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  dalam membuat Alat Pelindung Diri (APD) untuk para medis ditengah pademi Virus Corona atau Covid-19. UMKM yang diberdayakan yakni, CV Tiga Putri.

Saenal Arifin pemilik usaha jasa konveksi tersebut saat ditemui menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas kesehatan, karena pihaknya dilibatkan dalam pembuatan APD.

"Terima kasih karena telah memberdayakan kami dalam pembuatan APD ini," katanya saat ditemui dikediamannya, Rabu (1/4/2020) siang di Jalan Stadion Mini, Lingkungan Popamda, Kelurahan Bongki.

Dia juga menyampaikan ditengah lesuhnya perekonomian akibat pandemi virus corona ini, sehingga dengan di berdayakannya UKM miliknya dapat menambah pundi-pundi penghasilan para penjahit

Demikian juga, salah satu bentuk partisipasi mereka selaku penjahit untuk membantu memerangi pandemi corona di Kabupaten Sinjai. Apalagi dengan keterbatasan APD bagi para medis yang ada di Sinjai.

Lebih lanjut dikatakan Sainal bahwa dalam pembuatan APD sekitar 80 itu, Dinas Kesehatan Sinjai telah menyampaikan mengenai standar bahan yang bagus digunakan. Untuk menyelesaikan APD itu, pihaknya membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari dengan mempekerjakan delapan orang.

"Untuk mengenai standar bahannya kemarin dinas kesehatan menyampaikan ke saya bahwa itu harus dari plastik sehingga kami menggunakan plastik mika. Untuk teknisnya memang ada rekan-rekan yang khusus menggunting kemudian yang lainnya menjahit saja," katanya.

Sainal juga berharap, agar virus ini segera berlalu agar aktifitas pengusaha yang ada di Sinjai pada khususnya bisa kembali berjalan seperti biasanya.

"Kami berharap pandemi corona ini cepat berlalu sehingga kami selaku pengusaha kecil menengah bisa bekerja seperti sediakala," harapnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan, dengan terbatasnya APD untuk para medis, pihaknya jauh sebelum sudah melakukan antisipasi. Salah satunya dengan memanfaatkan jasa konveksi yang ada.

"Karena terbatas pembagian APD, jadi kami antisipasi dengan apa yang bisa kami lakukan dengan membuat di konveksi di Sinjai. Bajunya, coverall beserta covilnya nya itu kami buat disini (Sinjai-Read)," ungkap dr. Dedet sapaannya.

Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 tersebut menambahkan, APD yang dibuat khusus di Kabupaten Sinjai itu diperuntukan bagi petugas puskesmas.

"Untuk petugas puskesmas yang mengawasi pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang berkunjung 14 hari ke pasien ODP," tandasnya. (ads)

Editor : Satria

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI