TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Penjelasan Gugus Tugas Soal Penambahan Kasus Corona di Sinjai

Penjelasan Gugus Tugas Soal Penambahan Kasus Corona di Sinjai

INSTINGJURNALIS.com - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) membeberkan data terbaru perkembangan kasus Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Sinjai. ASA menyebut pasien positif terinfeksi Covid-19 di Sinjai bertambah.

"Saat ini ada penambahan 8 orang yang positif. Mereka merupakan rombongan 14," ungkap ASA di Media Center, Jumat (16/5/2020) sore.

Kendati, ASA yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 ini, menyampaikan kabar baik perihal beberapa pasien positif yang telah menjalani perawatan di RSUD Sinjai.

"Alhamdulilah ada lima pasien positif corona telah dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan. Empat warga Sinjai dan satunya warga Bone," bebernya.

Asa mengatakan, dari delapan tambahan kasus, lima orang diantaranya berasal dari Sinjai Tengah, 1 orang Sinjai Barat, 1 Orang dari Kelurahan Balangnipa, Sinjai Utara dan 1 orang berasal Sinjai Timur.

"Sembuh lima orang dari delapan orang positif sebelumnya, jadi sisa tiga. Kemudian di tambah lagi delapan orang, sehingga jumlahnya sekarang 11 orang," tandasnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) dr. Andi Suryanto Asapa menjelaskan bahwa delapan pasien yang positif tersebut merupakan rombongan atau klaster 14, kesemuanya merupakan warga Sinjai tetapi datang dari Gorontalo, kemudian Manado lalu ke Makassar dan masuk kembali di Sinjai.

"Sebelumya mereka berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Waktunya memang bersamaan harinya dengan kelompok yang dari Jawa Timur yang juga terkonfirmasi positif," jelasnya.

Pertama, pihaknya menganggap ini adalah transmisi dari anak ke bapak, namun ternyata setelah dielusuri mereka datang berlainan, waktunya cuman beda kurang lebih 1 jam.

"Awalnya kami menganggap kontak dari anak ke bapak, sehinga kami melakukan diagnosa OTG, tetapi hasil Swab nya ternyata positif. Penelusuran mendalam yang kami lakukan setelah dinyatakan positif, terungkap bahwa memang tidak sama dari anak ke bapak, tetapi datang dari dua tempat yang berbeda," terang dr. Dedet sapaannya.

Dr. Dedet menambahkan, total paisen positif corona yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sinjai kini sebanyak 11 orang.

(Satria)

Type above and press Enter to search.