Kwartir Cabang Wajo Gelar Musyawarah Cabang

8/26/2020 | 16:58 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.com - Masa bakti Kepengurusan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo telah berakhir.


Untuk itu, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo melaksanakan kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) Rabu, (19/8/2020) di Aula Ruang Pola Kompleks Kantor Bupati Wajo Kelutahan Bulu Pabbulu Kecamatan Tempe.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh H. Jasman Juanda selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo, Para Waki Ketua Kwarcab, Sekretaris, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat (Kapusdiklatcab), Para Pengurus Harian, Pelatih dan Andalan serta Pelaksana Tugas Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC Wajo).


Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh para perwakilan Pengurus Kwartir Ranting Se-Kabupaten Wajo yang telah mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti kegiatan tersebut.


Saat dikonfirmasi, H. Jasman Juanda selaku Ketua Kwartir  Cabang Wajo mengungkapkan bahwa kepengurusan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo telah menyelesaikan masa baktinya yakni sejak 2015-2020.


Untuk itu, Musyawarah Cabang merupakan forum tertinggi yang ada ditingkat Kwartir Cabang dalam rangka mengevaluasi serta memberikan pandangan-pandangan yang positif dalam kerangka peningkatan dan pengembangan kegiatan kepramukaan khususnya ditingkat Kwartir Cabang Wajo.


Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Musyawarah Cabang dilaksanakan setiap sekali dalam lima tahun dan sekurang-kurangnya dihadiri oleh dua per tiga jumlah kwartir ranting yang ada.


Lebih lanjut diungkapkan bahwa acara pokok dalam Musyawarah Cabang terdiri dari penyampaian, pembahasan dan pengesahan Laporan Pertanggungjawaban Kwartir Cabang selama masa bakti termasuk pertanggungjawaban keuangan.


Selain itu, penyampaian hasil pemeriksaan keuangan Kwartir oleh Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang, Penyampaian, pembahasan serta pengesahan rencana Kwartir Cabang untuk masa bakti berikutnya.


Dan yang lebih penting adalah pemilihan Ketua Kwartir Cabang untuk masa bakti berikutnya, pemilihan anggota formatur untuk menyusun komposisi kepengurusan serta pemilihan ketua dan anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan untuk masa bakti berikutnya.


“Mewakili segenap pengurus, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus di jajaran Kwartir Cabang baik Pelatih, andalan, Dewan Kerja serta pengurus Kwartir Ranting yang turut membesarkan Gerakan Pramuka”


“Apabila selama menjalankan kepengurusan terdapat kekeliruan, kesalahan serta kekhilafan, saya mengucapan permintaan maaf yang sebesar-besarnya”


“Melalui momentum Musyawarah Cabang ini, kita berharap ada kaderisasi kepemimpinan ditingkat Kwartir yang nantinya akan menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya” Ungkap H. Jasman Juanda.


Pada kegiatan Musyawarah Cabang Kali ini, mengesahkan dan memutuskan H. Amran Mahmud selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo masa bakti 2020-2025. (Kak Sakti, Scout Journalist)


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI