TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

SPMI Diharap Jadi Acuan Penerapan Mutu Pendidikan

 SPMI Diharap Jadi Acuan Penerapan Mutu Pendidikan

INSTINGJURNALIS.com - Satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai diharapkan menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan.


Dengan sistem tersebut, maka pengelolaan satuan pendidikan diharapkan dapat terus berlangsung ke arah peningkatan mutu, dengan mengoptimalkan keterlibatan seluruh pihak yang terkait di satuan pendidikan.


Demikian dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa saat ditemui dalam 

sosialisasi dan pendampingan sistem panjaminan mutu internal (SPMI) dan bedah rapor mutuh tahun 2019 tingkat sekolah dasar, di SDN 125 Sinjai Utara, Rabu (30/9/2020) pagi.


"Dalam rangka penerapan Permendikbud terkait standar penjaminan mutu internal pada satuan pendidikan SD maupun SMP wajib membuat standar penjaminan mutu di sekolahnya masing-masing," ungkapnya.


Jefrianto menjelaskan, sosialisasi ini berkaitan dengan tindaklanjut dari rapor mutu di sekolah yang sudah diterbitkan oleh LPMP, sehingga itulah dijadikan dasar bagi Sekolah Dasar dan SMP.


"SPMI ini menjadi standarnya masing-masing sekolah dalam memberikan jaminan terkait mutu pendidikan pada sekolah itu," ujarnya.


Dengan begitu dia berharap, para kepala sekolah dan operator mampu menyusun SPMI sesuai indikator yang telah ditetapkan Permendikbud.


Apalagi dalam peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. Sehingga diperlukan strategi dan keseriusan satuan pendidikan untuk merangkul seluruh komponen dalam mewujudkan hal tersebut. (*)


Editor : Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.