TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Dinkes Gandeng HKI Lakukan Pemeriksaan Refraksi Mata

 Dinkes Gandeng HKI Lakukan Pemeriksaan Refraksi Mata

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Helen Keller International (HKI) melakukan pelayanan pemeriksaan refraksi mata dan pemberian kacamata. Pelayanan ini dilakukan diseluruh Puskesmas mulai dari tanggal 30 Oktober hingga 7 November 2020.


Program ini menyasar siswa SD dan SMP/sederajat se-Kabupaten Sinjai. Pelaksanaan dihari pertama berlangsung di Puskesmas Samataring Kecamatan Sinjai Timur, Jumat (30/10/2020). Nampak puluhan pelajar didampingi guru dan orang tua menjalani pemeriksaan.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sinjai, Akhriani mengatakan, 

berdasarkan screening yang dilakukan oleh guru ditemukan ada 1.658 pelajar dari 57 Sekolah SD dan SMP sederajat yang mengalami gangguan mata. 


Sehingga kata dia, pemeriksaan refraksi mata ini dilakukan sebagai lanjutan dari hasil screening yang telah dilakukan sebelumnya oleh guru di masing-masing sekolah. 


"Dari jumlah ini kita saring lagi kembali dan ditemukan 425 anak tidak melewati ambang batas 6/18 dan diduga mengalami gangguan penglihatan.  Jumlah inilah yang mulai hari ini kita lakukan kembali refraksi dan jika ditemukan anak yang membutuhkan kacamata, HKI akan dibagikan kacamata secara gratis," jelasnya. 


Akhriani berharap pemeriksaan seperti ini bisa berlanjut kembali, serta berharap orang tua dapat memberikan pengawasan terhadap anak-anak dalam menggunakan ponsel, sebab diduga pemicu gangguan mata pada anak kebanyakan disebabkan oleh penggunaan ponsel. 


Salah seorang Orang Tua Siswa,  Dewi Munarti saat ditemui merasa bersyukur dengan adanya pemberian kacamata gratis ini.


"Senang sekali Pak dan terima kasih kepada Pemerintah atas kacamata gratis ini. Ini bukti bahwa pemerintah peduli terhadap siswa di Sinjai yang nantinya sebagai penerus bangsa," ujarnya.


Editor : Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.