Dinkes Gelar Pertemuan UKBM Melalui Posyandu Aktif

11/20/2020 | 16:18 WIB

Bagikan:

 Usaha mikro di Sinjai secara perlahan mulai bergerak di masa pandemi Covid-19. Hal ini tidak lepas dari bantuan stimulus yang dikucurkan pemerintah. Salah satunya yang disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI).

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi (Pemprov) bekerjasama dengan Dinkes Sinjai menggelar pertemuan penguatan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) melalui posyandu aktif di Aula Hotel Srikandi, Jumat (20/11/2020).


Ketua Panitia Pelaksana, Andi Kurniawati mengatakan, dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan pada masyarakat, berbagai upaya dilakukan dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada. Upaya kesehatan bersumber daya masyarakat salah satunya adalah posyandu.


Pertemuan ini kata dia, bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi/balita, akqaba, meningkatkan peran lintas sektor dan penyeelenggaraan posyandu, meningkatkan cakupan dan jangkauan pelayanan kesehatan dasar, serta meningkatkan peran masyarakat dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar.


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani mengemukakan, koordinasi lintas sektor ini dilaksanakan untuk membicarakan bagaimana posyandu di wilayah untuk tetap melaksanakan kegiatan pelayanan di era pandemi Covid-19.


Dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan dasar bagi sasaran terutama Ibu hamil, balita, dan ibu menyusui di seluruh wilayah Kabupaten Sinjai.


"Kedepan posyandu harus lebih aktif di wilayah, tetapi tentu didukung semua lintas sektor, karena posyandu adalah milik dari oleh dan untuk masyarakat," ujarnya.


Karena itu, drg. Arin sapaaanya berharap posyandu lebih aktif melaksanakan pelayanan yang lebih baik, tentu bagi pelayanan sasaran diwilayah itu bisa terlaksana.


"Outputnya tentu kita harapkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sinjai," tandasnya. (*)


Editor : Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI