Bone Kekurangan Armada Pemadam Kebakaran

1/06/2021 | 19:03 WIB

Bagikan:

INSTINGJURNALIS.Com--Armada pemadam kebakaran di Kabupaten Bone masih sedikit. Pihak Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Bone, mengaku dari 11 armada yang dimiliki, belum idel untuk menjangkau 27 wilayah kecamatan di Kaupaten Bone.


"Saat ini yang aktif 11 armada. Itu sudah tersebar di posko induk, posko emergency, posko di Kecamatan Kahu, Tonra, Ulaweng, Lappariaja dan Tellu Siattinge," kata Kepala Seksi 

Pengendalian Sarana Dinas Damkar dan Penyelamatan Bone, Pamiluddin, Selasa (05/01/2021).


Lebih lanjut dia mengatakan, untuk kesiap siagaan mengantisipasi kebakaran di Kabupaten Bone, idealnya Dinas Pemadam Kebakaran mempunyai 54 armada Damkar yang akan disebar ke 27 kecamatan. Hal itu dimaksudkan agar dapat mengambil tindakan cepat saat terjadinya kebakaran.


"Jadi dari 27 kecamatan, masing-masing 2 armada setiap kecamatan. Terdiri 1 mobil penyiram dan 1 mobil penyuplai," tambahnya.


Pamiluddin melanjutkan, meskipun jumlah armada jauh dari kata ideal, namun sejauh ini belum ada penambahan. Bahkan kata dia penambahan terkahir dilakukan pada tahun 2017 lalu.

Untuk pengadaan satu armada mobil penyiram membutuhkan anggaran sekira Rp 1,5 miliar.


"Setiap tahun sudah kita ajukan. Kita ajukan pengadaan untuk 27 kecamatan. Tapi pengadaan tergantung keputusan pimpinan," ujarnya.


Kasus kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bone, selama 2020 mengalami penurunan dibanding tahun 2019. Kasus kebakaran di tahun 2020 hanya 56 kasus dibandingkan tahun 2019, 144 kasus. Penurunannya 88 kasus.


(And)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI