Pemerintah 'Suntik' Bibit Porang untuk Kelompok Petani di Sinjai

4/27/2021 | 20:46 WIB

Bagikan:

 

Pemerintah 'Suntik' Bibit Porang untuk Kelompok Petani di Sinjai
Bibit porang. IST

INSTINGJURNALIS.com -  Tiga hektar lahan milik petani di Kabupaten Sinjai mendapat bantuan bibit pohon tanaman jenis porang.


Bantuan itu berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel seluas 2 hektar dan 1 hektar dari Pemerintah Pusat atau Kemeterian Pertanian. Dalam 1 hektar ini ada sebanyak 20 ribu bibit pohon porang. 


Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai Kamaruddin  mengatakan, bantuan porang ini akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Sinjai Borong,  Sinjai Selatan dan Sinjai Tengah. 


"Bantuan porang dari Pemerintah provinsi Sulsel sebagian sudah diterima oleh kelompok tani kita yaitu masing-masing 10 ribu bibit porang di Sinjai Borong dan di Sinjai Selatan, sedangkan sisanya kita dijanjikan pada bulan juni mendatang," katanya Kamaruddin, Selasa (27/4/2021)


Sementara untuk bantuan 1 hektar tanaman Porang dari Pemerintah Pusat nantinya akan disalurkan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Sinjai Tengah. 


Bantuan bibit porang gratis ini salah satu penjabaran dari program unggulan Pemkab Sinjai dalam bidang pertanian dengan harapan bisa mengairahkan petani di Sinjai untuk membudidaya tanaman porang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya. 


Menurutnya, tanaman berjenis porang ini sangat cocok dengan kondisi tanah di wilayah Kabupaten Sinjai bahkan memiliki nilai jual yang tinggi.  


Saat ini banyak masyarakat di Sinjai secara swadaya membudidayakan tanaman porang di lahan kebun maupun di pekarangan rumah warga. 


"Kalau pemasaran saya kira petani tidak akan kesulitan karena pengusaha yang datang langsung ke petani untuk membeli jika sudah dipanen," ujarnya. 


Sekaitan dengan itu, Kementerian Pertanian saat ini juga tengah fokus mendorong petani mengembangkan tanaman porang karena memiliki pasar ekspor yang menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional. 


Pasar ekspor porang, meliputi Jepang, Taiwan, Korea dan China serta beberapa negara di Eropa. (*)


Editor: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI