Penipu via WhatsApp Catut Nama Sejumlah Kepala OPD di Sinjai 'Gentayangan'

4/23/2021 | 13:09 WIB

Bagikan:

 

Penipu via WhatsApp Catut Nama Sejumlah Kepala OPD di Sinjai 'Gentayangan'
Ilustrasi

INSTINGJURNALIS.com - Sejumlah nama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sinjai dicatut penipu. Aksi penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab tersebut menggunakan platform medias sosial (Medsos) WhatsApp (WA) 


Pelaku mencatut nama dan foto profil pejabat tersebut di akun WA. Salah satu korbannya adalah Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, Kamaruddin. 


Dia mengaku modus penipuan dengan mengaku akun WhatsApp miliknya tersebut diketahui setelah ada orang yang melaporkan kepadanya terkait modus itu pada saat menghadiri acara Buka Puasa di Markas Kodim 1424 Sinjai pada Kamis (22/4/2021) kemarin.


"Jadi pada saat saya hadiri acara buka puasa di Kodim kemarin, saya menerima pesan WA dari Pak Saktiawan yang menyampaikan bahwa nomor WA saya diretas dan dalam pembicaraan akun palsu tersebut meminta sejumlah uang sebanyak Rp25 juta," kata Kamaruddin, Jumat (23/4/2021).


Hanya saja, setelah dia cek nomor yang dipake pelaku dalam melancarkan aksinya bukan nomor dirinya (Kamaruddin).


"Nomor yang dia gunakan bukan nomor saya, tetapi foto profilnya menggunakan foto saya sehingga ini jelas akun palsu," jelasnya. 


Usai menerima informasi tersebut,  pihaknya langsung mengimbau kepada rekan-rekannya, kerabat serta kelompok tani yang ada di Sinjai agar waspada dengan hal tersebut dan tidak meladeni permintaan oknum tersebut sebelum melakukan konfirmasi langsung kepadanya. 


"Jadi begitu saya mendapat informasi ini, saya langsung mengirim pesan keseluruh grup WA termasuk ke grup Kelompok tani dan grup OPD untuk tidak meladeni jika ada oknum yang mengatasnamakan dirinya dengan dalih meminta sesuatu," tuturnya. 


Hal yang serupa juga menimpa Kadis Sosial Sinjai Andi Muh. Idnan yang mengaku ada akun palsu yang mengatasnamakan dirinya menghubungi pihak Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdakab Sinjai untuk meminta nomor rekanan/penyedia yang terlibat dalam proses pengadaan barang/jasa di Dinas Sosial. 


"Iye ndi, kemarin ada juga yang pakai nama dan foto profilku.  Itu Akun palsu  dinda," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan WA.


Sementara itu dalam akun facebook Bagian PBJ Setdakab Sinjai mengharapkan kepada para penggiat pengadaan barang/jasa khususnya kepada para penyedia agar sekiranya waspada dan berhati-hati apabila menghadapi kejadian yang sama. (*)


Editor: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI