Tiga Kelompok Pembudidaya Ikan di Sinjai Terima Bantuan Benur Udang Windu

6/16/2021 | 16:47 WIB

Bagikan:

 Tiga Kelompok Pembudidaya Ikan di Sinjai Terima Bantuan Benur Udang Windu

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak tiga kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di Kabupaten Sinjai menerima bantuan benur udang windu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KK) RI melalui Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar.


Bantuan yang difasilitasi oleh Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam rangka menggerakan ekonomi masyarakat pembudidaya ikan.


"Bantuan-bantuan seperti inilah yang diharapkan masyarakat kita, olehnya itu kepada kelompok penerima saya berharap agar bantuan ini bisa dimanfaatkan  dengan baik demi meningkatkan kesejahteraan kita, termasuk bantuan di sektor-sektor lainnya," ungkap ASA.


Lanjut ASA, bantuan yang diberikan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.


"Insya Allah, Pemerintah daerah Kabupaten Sinjai akan terus berupaya bagaimana mensejahterakan masyarakat kita, jadi semua butuh proses dan dari proses itu kami juga tentu butuh dukungan dari semua elemen masyarakat", terangnya.


Sementara, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai H. Haris Achmad yang di temui di ruang kerjanya  membenarkan hal itu.


Bantuan itu kata dia, telah diserahkan kepada masing-masing kelompok penerima, Rabu (16/06/2021) dan diserahkan oleh Sekretaris Dinas Perikanan Sinjai, A. Irmawati Malkab.


Ketiga kelompok penerima tersebut kata dia, yakni kelompok pembudidaya ikan (pokdakan)  di Kecamatan Sinjai Timur, masing-masing Pokdakan Lestari,  Pokdakan Usaha Bersama dan Pokdakan Ganggang Jaya. 


Dijelaskan, Penentuan penerima bantuan benih  udang ini, sebelumnya telah melalui verifikasi lapangan yang dilakukan pihaknya bersama BPBAP Takalar.


“Verifikasi dari Dinas Perikanan kemudian kita kirim ke BPBAP Takalar. Disitulah dilihat dan ditinjau lapangan bagaimana kesediaan sarananya, kemudian betul-betul ada lahan yang tersedia. Hasil verifikasi itulah yang di SK kan oleh Bapak Bupati untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan,” ujarnya. 


Haris menjelaskan,  komoditas udang windu menjadi primadona khususnya di kalangan pembudidaya skala kecil dengan teknologi sederhana karena memiliki harga pasar yang baik dan relatif stabil. 


"Keuntungan ekonomis yang didapat per satuan termasuk yang tertinggi dibandingkan dengan komoditas lain, sehingga banyak menarik minat pembudidaya,” ucapnya. 


Mantan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Sinjai ini berharap kepada penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kesejahterannya. 


"Jadi bantuan benih udang windu ini berkat upaya dan dukungan dari bapak Bupati ASA yang terus berkoordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku budidaya perikanan di Sinjai, " tutupnya.


Sementara itu, Ketua Pokdakan Lestari Saddam Husain, alamat mengungkapkan rasa sukur dan ucapan terimakasih terhadap Pemkab Sinjai yang telah memperhatikan serta memberi bantuan bibit udang kepada warga.


"Kami selaku Ketua Kelompok budidaya ikan Lestari Kelurahan Samataring mewakili semua anggota kelompok memgucapkan rasa syukur dan terima kasih terhadap Pemerintah khususnya kepada Bupati Sinjai yang memberikan perhatian khusus dan kepedulian kepada masyarakat pembudidaya.  Bantuan ini sangat berarti dalam membantu meringankan beban perekonomian di tengah pandemi Covid-19.” tuturnya. (*)


Editor: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI