Sepekan 3 Nyawa Melayang di Bone Akibat Kecelakaan, Polisi Sebut karena Kerusakan Jalan

7/27/2021 | 09:01 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Kecelakaan terjadi di Kabupaten Bone belakangan ini sangat memprihatinkan, tak hanya kerugian material namun juga terkadang merenggut nyawa pengendara. Dalam sepekan setidaknya tiga nyawa melayang akibat kecelakaan.


Pihak kepolisian mencatat faktor kecelakaan yang terjadi di Bone bukan hanya kelalaian dari pengendara namun juga faktor jalan yang rusak.


"Kita sepakati kalau awal terjadinya kecelakaan itu bermula dari pelanggaran, faktor alam, faktor manusianya, faktor kendaraanya dan termasuk juga masalah jalannya, yang kelihatan mulus namun bergelombang gelombang dan berlubang," kata Kasatlantas Polres Bone AKP Mustari, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (26/07/2021). 


Ia tidak menampik dan memahami pemerintah dengan anggaran yang minim. Namun, anggaran pemeliharaan menjadi opsi, olehanya, dia juga berharap untuk pihak terkait memperhatikan jalan tersebut karena menyangkut nyawa. 


"Mungkin untuk dinas terkait (Dinas PU) perlu memperhatikan itu, minimal kalau tidak ada anggaran, kan ada anggaran perawatan," 

Makanya kata dia, "Beberapa hari yang lalu kami survei jalanan yang rusak atau berlubang sebagai bentuk bagaimana kamseltibcar di Bone," tambahnya. 


Selain itu, dia juga berharap pengerjaan pemeliharaan jalan tidak dikerjakan asal-asalan, karena salah satu faktor keselamatan dan penyebab kecelakaan bergantung hasil dari pemeliharaan jalan. 


"Kan ada anggarannya, kalau dibilang setiap tahun ya bisa dipungkiri itu, tapi kalau anggaran pemeliharaan  setiap tahun ada, anggaran itu lebih banyak untuk pemeliharaan jalan, kita liat itu hanya tambal-tambal jalan tapi terlalu besar, itu salah satu penyebab kendaraan motor terbang dan selip, itu perlu semua disampaikan karena kalau tidak yang koreksi hasilnya tidak maksimal," tutur mantan Kasatlantas Gowa itu.


Dia berpesan untuk terhindar dari kecelakaan ini tidak cukup kalau hanya petugas, namun kesadaran semua pihak.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI