Dapat Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan, Ini Harapan Sekretaris Dinkes Sinjai

9/02/2021 | 13:21 WIB

Bagikan:

 

Dapat Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan, Ini Harapan Sekretaris Dinkes Sinjai

INSTINGJURNALIS.com - Kementerian kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bersinergi dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Makassar melakukan pendampingan tata kelola program Kesehatan yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai.


Kegiatan yang dikemas dalam workhsop, itu berlangsung di Aula Pertemuan Hotel Rofina, Kamis (2/9/2021) dengan narasumber anggota tim pendamping Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Wahiduddin.


Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani menyambut baik pendampingan tersebut sebagai hal positif yang dalam tata kelola ini dapat menghasilkan rancangan rencana kerja Dinkes Sinjai yang lebih baik.


"Ini merupakan program Kementerian Kesehatan, dimana Kabupaten Sinjai menjadi lokus yang didampingi oleh FKM Unhas. Kami dari Dinas Kesehatan mendapat pendampingan bagi tim perencana dan puskesmas bagaimana membuat dokumen perencanaan yang lebih baik," ujarnya.


Pendampingan bagi tim perencana Dinkes dalam menyusun Rencana Kerja (Renja) Tahun 2022 tersebut terbagi dalam beberapa sesi.


"Jadi ada beberapa sesi kegiatan mulai dari review kinerja dan review renja sebelumnya dan kita juga diberi materi-materi dari Unhas, yang pasti bahwa kita didampingi bagaimana menyusun dokumen perencanaan renja kami di tahun depan," kata dokter Arin sapaannya.


Dia mengatakan pendampingan tersebut juga sebagai upaya meningkatkan kapasitas bagi sumber daya manusia (SDM) Dinas Kesehatan Sinjai, dimana dalam pelaksanaanya diikuti tim perencana, kepala seksi, kepala bidang dan kepala puskesmas.


"Harapannya tentu dengan pendampingan tersebut dapat meningkatkan SDM di Dinas Kesehatan, sehingga mereka lebih mampu memahami ilmu perencanaan, mengetahui masalah-masalah kesehatan dilapangan," harapnya.


Selain itu, para peserta dapat memahami indikator-indikator perencanaan, membuat sasaran lebih baik dan menerjemahkan dalam program kegiatan dokumen perencanaan yang lebih baik pula.


"Sehingga kita harapkan tentu kinerja Dinkes Sinjai kedepan akan semakin baik," kuncinya.


Editor: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI