Ratusan Eks Pekerja Migran di Sinjai Diberi Pelatihan Keterampilan Digitalisasi Pemasaran

9/20/2021 | 14:19 WIB

Bagikan:

 Ratusan Eks Pekerja Migran di Sinjai Diberi Pelatihan Keterampilan Digitalisasi Pemasaran

INSTINGJURNALIS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Komunikasi dan Informatika Makassar menggelar pelatihan Thematic Academy di Kabupaten Sinjai. 


Pelatihan yang dikhususkan bagi eks pekerja migran ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai,  Akbar di Aula Hotel Grand Rofina Sinjai, Senin (20/9/2021).


Pelaksana Tugas Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar Djunaidy Aspan menyampaikan bahwa program Thematic Academy bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era industry 4.0 seperti saat ini. 


Menurutnya, latar belakang dilaksanakan pelatihan ini sebab di era pandemi Covid-19 saat ini,  banyak pekerja migran yang dipulangkan ke daerah asalnya sehingga agar mantan pekerja migran ini tetap produktif di daerahnya maka diberikan pelatihan untuk meningjatkan SDM yang dimiliki. 


"Jadi kita akan latih para eks imigran ini, yang memiliki usaha bisa dikembangkan untuk memanfaatkan secara online dan bagi mereka yang belum punya usaha kita berikan kiat-kiat bagaimana berwirausaha sesuai potensi yang dimiliki," ungkapnya. 


Djunaidy menambahkan bahwa kegiatan ini hanya dilaksanakan di tiga Kabupaten yaitu Bone,  Jeneponto dan Sinjai sehingga ia berharap para eks imigran mampu memanfaatkan pelatihan ini dengan baik.


"Kegiatan ini adalah bentuk perhatian Kementerian Kominfo dan kami berharap selepas pelatihan ini,  para eks imigran memiliki jiwa semangat wirausaha yang tinggi dan inovatif," jelasnya. 


Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili oleh Sekda Sinjai Akbar menyambut baik pelatihan ini,  apalagi hanya dilakukan di 3 Kabupaten di Sulsel. 


"Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kami ucapkan kepada Kementerian Kominfo sebab telah memilih Sinjai sebagai salah satu tempat pelaksanaan pelatihan Thematic Academy bagi mantan imigran," jelasnya. 


Kegiatan ini, lanjut Sekda, sejalan dengan visi dan misi Pemkab Sinjai dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia khususnya para mantan imigran agar mampu berdaya saing di era serba canggih saat ini. 


"Bapak Bupati Sinjai Andi Seto Asapa terus berupaya memperhatikan kualitas SDM masyarakat Sinjai apalagi bagi para mantan imigran ini tentu kita tahu mereka adalah pejuang devisa. Mudah-mudahan pelatihan ini bisa meningkatkan keterampilannya di bidang teknologi informasi dan komunikasi," harapnya. 


Kegiatan yang turut dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kadis Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Sinjai Andi Ilham Abubakar ini, diikuti sebanyak 120 eks imigran Sinjai yang dilaksanakan dalam dua gelombang hingga tanggal 23 September 2021.


Editor: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI