TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Anggota Komisi XI DPR-RI Dorong Holding Ultra Mikro bagi UMKM di Sinjai

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Anggota Komisi XI DPR-RI, Kamrussamad mengatakan pembentukan holding dengan melibatkan BUMN diyakini membuat efisiensi tercipta dalam hal pemberdayaan Usaha mikro dan UMKM. Holding UMKM yang merupakan induk perusahaan yang fokus bisa berikan pembiayaan terhadap pelaku UMKM. 


Kamrussamad mengaku Holding UMKM tersebut terdapat tiga lembaga yang tergabung di dalamnya, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Pegadaian.


"Dengan adanya holding UMKM yang dibentuk tahun ini, kami berharap dapat memperluas akses permodalan dengan bunga rendah sehingga para UMKM dapat menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia,” ujar Kamrussamad, saat berkunjung ke Bank BRI Cabang Sinjai dalam rangka pertemuan bisnis bersama jajaran Bank BRI  dan para pelaku UMKM, Selasa (12/10/2021).


Ia menjelaskan pembentukan holding UMKM untuk pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dinilai bisa membantu proses pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Dampak positif dapat timbul dari potensi terciptanya ekosistem pembiayaan murah melalui kehadiran holding ini.


Selain itu,  kebijakan lain adalah melalui skema khusus berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR)  dengan bunga rendah hanya 6 persen. "KUR yang bunganya harus 12 persen,  tapi pemerintah melakukan subsidi bunga 6 persen sehingga warga hanya membayar bunga 6 persen," ungkap Kamrussamad. 


Olehnya itu ia mendorong kepada warga Sinjai terkhusus pelaku usaha untuk memanfaatkan bantuan permodalan yang diberikan melalui lembaga keuangan yang ada untuk memperkuat usaha yang dijalankan. 


Terpisah, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa menyambut baik kedatangan Anggota DPR RI di Kabupaten Sinjai.  Ia berharap kehadirannya membawa angin segar khususnya bagi para pelaku UMKM yang ada di Bumi Panrita Kitta. 


Dalam laporannya, ASA juga menyampaikan bahwa realisasi penyaluran KUR di Sinjai higga bulan Oktober ini sudah mencapai Rp 400 milyar, jumlah ini meningkat setiap tahun meski diterjang badai Covid-19.


"Ini patut kita banggakan karena setiap tahun penyaluran KUR di Sinjai selalu meningkat,  apalagi sejak tahun lalu kita dilanda pandemi Covid-19, Alhamdulillah dengan kegiatan perekonomian kita masih menopang masyarakat,  terbukti pertumbuhan ekonomi kita tetap meningkat 1,55 persen," jelasnya. 


Dalam kesrmpatan tersebut,  Kamrussamad yang didampingi Pimpinan Cabang BRI Sinjai Irvan Fahrizal juga menyerahkan secara simbolis KUR kepada para debitur bank BRI.

Komentar0

Type above and press Enter to search.