TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Berkat Komunikasi Intens Andi Seto dengan Kementerian, Rakyat Sinjai dapat Bantuan Bibit Kacang 6 Ton

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Pemerintah Kabupaten Sinjai mendapat bantuan benih kacang tanah sebanyak 6 ton. Nantinya, bantuan tersebut akan dibagikan kelompok tani yang tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Bulupoddo dan Sinjai Selatan. 


"Jadi kacang tanah ini diperuntukkan untuk empat kelompok tani yang ada di empat kecamatan dengan luas pertanaman mencapai 50 hektar," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) H. Kamaruddin saat penyerahan benih dari distributor di Halaman Kantor Gabungan OPD jalan Persatuan Raya, Jumat (15/10/2021) pagi.


Untuk kelompok tani di Sinjai Utara, kata Kamaruddin akan mendapatkan benih kacang tanah untuk luas lahan 10 hektar, di Sinjai Selatan 10 hektar, Kecamatan Bulupoddo 10 hektar dan 20 hektar di Kecamatan Sinjai Timur. 


Adapun benih bantuan pemerintah komoditas kacang tanah ini terdiri dari tiga varietas, yaitu kacang tanah varietas kancil, varietas gajah dan kacang tanah varietas kelinci. 


Kamaruddin berharap bantuan dapat menjadi pendorong para petani untuk dapat mengembangkan budidaya kacang tanah dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan, kacang tanah merupakan komoditas yang cukup menguntungkan dan memiliki potensi pasar yang luas.


"Sebenarnya potensi kacang di Sinjai juga cukup besar, namun alokasi dari pemerintah pusat sangat terbatas. Namun dengan upaya komunikasi yang dilakukan oleh bapak Bupati Sinjai ke Kementerian, bantuan ini dialokasikan kembali," jelasnya. 


Komoditas kacang tanah ini menjadi penting karena dijadikan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat. Sehingga dengan adanya bantuan benih kacang tanah ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitasnya dan memperluas pasarannya agar petani lebih sejahtera.

Komentar0

Type above and press Enter to search.