TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Ibu dan Anak di Wajo Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

INSTINGJURNALIS.Com--Penyidik Tipikor Satreskrim Polres Wajo, telah menetapkan dua orang tersangka kasus dugaan korupsi di Desa Bottopenno, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (23/12/2021).


Kedua tersangka yakni, mantan Kepala Desa Bottopenno, Nur Asmi (50) dam mantan Sekretaris Desa Bottopenno, Andi Rismayani (30). Diketahui, kedua tersangka tersebut berstatus ibu dan anak.


Dua orang ditetapkan sebagai tersangka, yakni NA dan AR, keduanya sudah 2 hari dilakukan penahanan," kata Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam Amrullah, saat menggelar jumpa pers di loby Mapolres Wajo.


Meski dilakukan penahanan, kondisi fisik Nur Asmi sedikit terganggu lantaran mengalami stroke.


Namun, hal itu tidak mengalami proses penyidikan yang masih berlangsung di Polres Wajo.


Islam menyebutkan, berdasarkan hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, total kerugian negara di Desa Bottopenno mencapai Rp1.470.594.964,47 atau 1,4 miliar lebih.


Kerugian tersebut bersumber dari ADD dan DD Desa Bottopenno pada 2018 hingga 2020.


"Bahwa pada tahun 2018, 2019, dan 2020 telah terjadi tindak pidana korupsi melakukan perbuatan melawan hukum memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi," katanya.


Kerugian negara selama kurung waktu 3 tahun itu berasal dari pengelolaan dana desa, ADD, dan dana bagi hasil pajak retribusi.


Ada juga bangunan fisik yang tidak diselesaikan atau tidak dikerjakan sama sekali. Selain mengamankan kedua tersangka, Polres Wajo juga mengamankan sejumlah barang bukti.


Seperti bundel Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) 2018, 2019, dan, 2020, laporan hasil pekerjaan, serta hasil audit BPKP.


Diketahui, polisi mulai melakukan penyelidikan di Desa Bottopenno pada awal 2021 lalu. Pada Pilkades 2021 yang digelar pada 25 Mei 2021 lalu, Nur Asmi tak lagi mencalonkan diri.


Kini, Desa Bottopenno yang berada di Kecamatan Majauleng, dipimpin oleh Aminuddin.

Komentar0

Type above and press Enter to search.