Perangkat Daerah Diminta Percepat Realisasi DAK Tahap III

12/01/2021 | 14:07 WIB

Bagikan:

 

Perangkat Daerah Diminta Percepat Realisasi DAK Tahap III

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) triwulan ke III di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (1/12/2021)


Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Umum Haerani Dahlan dan dihadiri oleh Kepala Seksi Bank KPPN Edhi Purnomo, Kepala Bappeda Irwan Suaib dan para Kepala Perangkat Daerah pengelola DAK.


Kepala Bappeda Irwan Suaib dalam laporannya mengatakan bahwa, dalam rapat ini dibahas progres kegiatan, serapan anggaran dan capaian kinerja serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.


"Kita masih mengejar beberapa target untuk penyaluran tahap selanjutnya sehinga hari ini kami dari Bappeda melakukan rapat. Kedepan terutama dalam 15 hari terakhir ini sampai tanggal 15 Desember 2021 DAK diharapkan dapat tersalur sampai 100 persen ke pemerintah daerah," ungkapnya.


Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Haerani Dahlan menekankan kepada OPD pengelola DAK yang belum memenuhi seluruh ketentuan 

yang seharusnya dilaksanakan agar segera melakukan percepatan.


"Tentu saya berharap setelah kegiatan ini sampai hari Jumat mendatang agar bisa segera menindaklanjuti permasalahan-permasalahan yang memang menjadi kendala dalam kegiatan pencairan untuk tahap ketiga," ujarnya.


Sebab, sebelum tanggal 15 Desember semua pencairan DAK diharapkan mencapai 90 persen. Kendati, kata Haerani dari laporan yang diterima sudah ada yang telah memenuhi, tetapi masih ada OPD yang harus menjadi perhatian khusus.


"Kalau ada kendala dilapangan silahkan koordinasi dengan pelaksana seperti Bappeda, BPKAD dan Inspektorat, dan ini menjadi hal yang sangat kami harapkan untuk ditindaklnjuti oleh teman-teman pengelola DAK," tegasnya.


Haerani menambahkan bahwa, meskipun sudah mendekati target atau menuju proses pencapaian, dia berharap seluruh kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dengan baik agar semua hal yang terkait dengan kinerja pengelolaan DAK bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.


"Karena evaluasi pengelolaan DAK tahun berikutnya itu juga berdasarkan kinerja teman-teman, apalagi disaat ini penganggaran dari pemerintah pusat sangat terbatas. Oleh karena itu kalau dananya sudah turun ke daerah jangan disiasiakan," kuncinya.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI