Jelang Pilkades 2022, Ketua Komisi I DPRD Sinjai Ingatkan Camat Perkuat Koordinasi

1/20/2022 | 21:15 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.Com--Ketua Komisi I DPRD Sinjai Fachriandi Matoa mengharapkan agar Pemerintah Kecamatan meningkatkan koordinasi di jajaran pemerintah tingkat bawah. 


Hal itu disampaikan jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 54 desa di Kabupaten Sunjai yang direncanakan berlangsung pada tanggal 17 Maret 2022.


Dia menilai, langkah pencegahan potensi kecurangan harus dilakukan sedini mungkin. Oleh karenanya, peran pembinaan para Camat sebagai perwakilan pemerintah daerah mesti diperkuat.


"Para camat harus intens turun ke desa-desa yang akan menggelar Pilkades untuk memastikan kondjsi wilayah tetap aman dan memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Desa dan unsur tripika," kata Fachriandi, disela-sela rapat kerja bersama para Camat, di Ruang Rapat Kimisi I DPRD Sinjai, Kamis (20/01/2022).


Fachriandi menginginkan, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sinjai  ini berjalan aman, kondusif dan demokratis. Hal tersebut dikatakan dia, demi menghasilkan kepala desa yang berintegritas, serta mampu membantu pemerintah menjalankan percepatan pembangunan.


Selain itu, ia juga mengharapkan peran Camat untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah masing-masing sehingga target pemerintah untuk mencapai 100 persen pada bulan Februari bisa dicapai. 


"Kita berharap apa yang menjadi target Pemerintah Pusat bahwa vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama bisa kita dicapai 100 persen di bulan Februari, dengan begitu masyarakat kita seluruhnya sudah divaksin sebelum pilkades serentak," katanya. 


Sehari sebelumnya,  Komisi I DPRD Sinjai juga mengharapkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  selaku leading sektor penyelenggaraan Pilkades agar rutin melakukan monitoring di desa.


"Tahun ini pekerjaan berat bagi Dinas PMD yang akan melaksanakan Pilkades,  untuk itu kami harap agar intens melakukan monitoring ke desa-desa untuk memastikan tahapan pilkades yang sementara ini berjalan tidak ada kendala yang dihadapi oleh panitia di desa," kata anggota Komisi I DPRD Sinjai, Muhammad Wahyu.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI