3 Desa Peserta Pilkades Serentak di Sinjai Miliki Lebih dari 5 Bakal Calon, Solusinya?

Rapat Koordinasi Pilkades.

 

INSTINGJURNALIS.COM  Sebanyak 3 Desa di Kabupaten Sinjai yang menjadi peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2023 memiliki lebih dari 5 bakal calon kepala desa.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai Dr. Yuhadi Samad membeberkan, 3 desa tersebut, diantaranya Desa Pattongko Kecamatan Tellulimpoe, memiliki 12 bakal calon. Kemudian Desa Samaturue Kecamatan Tellulimpoe ada 7 bakal calon. Serta Desa Bonto Katute Kecamatan Sinjai Borong ada 6 bakal calon.


"Sesuai dengan aturan, bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang, itu akan dilakukan seleksi," ungkapnya dalam rapat koordinasi Pilkades di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (16/01/2022).


Sambung Yuhadi, seleksi yang akan dilakukan meliputi 3 indikator, yakni pengalaman di bidang pemerintahan, pendidikan formal, dan usia.


"Setelah ketiga 3 indikator ini telah dilakukan, maka kita akan berikan skor. Namun jika masih ada bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 setelah seleksi ini, maka kita akan lakukan seleksi kompetensi (CAT)," jelasnya.


Dalam pelaksanaan rakor, beberapa pejabat turut hadir, diantaranya Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai A. Jefrianto Asapa yang juga Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Sinjai, para kepala OPD, serta para PPKD dari 3 desa yang memiliki lebih dari 5 bakal calon kepala desa.


Seperti di ketahui, Pilkades Serentak Gelombang kedua ini akan berlangsung pada 9 Maret 2023 mendatang. (Satria)


BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI :


Bagikan :
RajaBackLink.com