Kabar Gembira, Anggaran Bantuan Sarpras untuk Nelayan Sinjai Meningkat Dua Kali Lipat Tahun Ini

Plt Kadis Perikanan Sinjai, H. Haris Achmad. (Ver)

INSTINGJURNALIS.COM
 - Kepedulian Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terhadap kesejahteraan masyarakat Sinjai tidak diragukan lagi, khususnya kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan maupun pelaku usaha perikanan di Sinjai.


Kabar baiknya, tahun 2023 ini anggaran bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) bidang kelautan dan perikanan di Kabupaten Sinjai meningkat dua kali lipat dari Rp.3 miliar di tahun 2022 menjadi Rp.6 miliar.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Sinjai, H. Haris Achmad, mengatakan anggaran yang bakal digelontorkan di tahun 2023 itu merupakan upaya dan perjuangan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).


Menurutnya, bantuan yang bakal diperuntukkan kepada nelayan maupun kepada kelompok usaha perikanan yang ada adalah wujud kepedulian Bupati ASA dalam meningkatkan produksi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan nelayan.


Baca Juga: Pilkades Serentak Digelar Maret, Ini Daftar 13 Penjabat Kades di Sinjai


"Selama 4 tahun ini sudah 186 kelompok usaha perikanan maupun nelayan yang merasakan bantuan. Alhamdulillah tahun depan meningkat lagi, jadi jumlah kelompok yang telah merasakan bantuan itu belum termasuk untuk tahun depan," jelasnya, Selasa (3/1/2023).


Terpisah Bupati ASA, mengemukakan potensi kelautan dan perikanan yang besar menjadi alasan sektor tersebut menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam rangka meningkatkan taraf hidup Nelayan.


Pihaknya pun mengapresiasi jajaran Dinas Perikanan Sinjai yang telah mendukung program pemberian bantuan Sarpras Kelautan dan perikanan kepada nelayan.


"Alhamdulillah tahun depan naik menjadi Rp.6 miliar. Ini membuktikan kinerja teman-teman di Dinas Perikanan luar biasa, mampu bekerjasama dengan nelayan, khususnya dalam pendataan yang valid karena untuk pengusulan bantuan ke pusat harus dibarengi dengan data yang valid," pungkasnya.


Sekadar diketahui, jumlah bantuan yang telah disalurkan Bupati ASA kepada nelayan maupun pengusaha perikanan mencapai ratusan unit selama kurun waktu empat tahun kepemimpinannya.


Baca Juga: Korban Angin Kencang di Kecamatan Dapat Perhatian dari Pemkab Sinjai


Bantuan yang diserahkan itu berupa bantuan kapal penangkap ikan dibawah 5GT sebanyak 51 unit, mesin kapal dibawah 5Gt 22 unit, fish finder (alat pelacak ikan), lampu air garam dan alat navigasi sebanyak 278 unit.


Termasuk rehabilitasi produksi pengolahan ikan sebanyak 2 unit, 19 paket sarana dan prasarana budidaya rumput laut, 28 paket budidaya air tawar, serta 13 paket budidaya air payau. Dengan total 186 kelompok usaha perikanan yang telah tersentuh. (Satria) 

Bagikan :
RajaBackLink.com