Komisi III dan BPBD Sinjai Sambangi Provinsi, Bicarakan Upaya Penanganan Bencana

 

Kunker Komisi III DPRD Sinjai dengan BPBD Sinjai ke BPBD Sulsel.


INSTINGJURNALIS.COM   -   Komisi III DPRD Kabupaten Sinjai  melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin (09/01/2023).


Kunker segenap anggota Komisi III DPRD Sinjai ini dipimpin ketua Komisi III, Andi Jusman yang dihadiri Kepala BPBD, Budiaman beserta jajarannya.


"Kunker ini selain dimaksudkan untuk menyampaikan harapan percepatan penanganan longsor pada poros Sinjai-Gowa, juga akan memaparkan sejumlah tantangan dan kendala penanganan bencana di daerah yang dipandang perlu mendapat perhatian dari pemerintah provinsi," kata Andi Jusman.


Mereka diterima Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Kabid RR) BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Zubair. Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas perhatian dan kepedulian segenap anggota Komisi III DPRD Sinjai yang menunjukkan kuatnya komitmen dan sinergitas anggota DPRD Sinjai dalam hal penanganan bencana sebagai urusan bersama.


Lebih lanjut Zubair mengatakan, komunikasi, sinergitas dan kolaborasi antara BPBD pemprov Sulsel dan BPBD Sinjai dalam hal penanganan bencana selama ini telah terjalin dengan baik, namun untuk penanganan sejumlah kejadian bencana, juga harus melibatkan banyak pihak berdasarkan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing.


“Demikian halnya dengan penanganan bencana longsor pada poros Sinjai-Gowa, dimana pihak BPBD Provinsi telah mengajukan telaahan kepada Gubernur Sulsel untuk percepatan penanganannya oleh Dinas PUPR, telaahan ini merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi koordinasi disamping fungsi komando dan fungsi pelaksana yang melekat pada Tusi BPBD,” jelas Zubair.


Sementara permasalahan lainnya yang terkait dengan tantangan penanganan bencana di daerah, juga perlu dikomunikasikan dan dikoordinasikan ke tingkat Pusat baik kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun ke Kementerian terkait, sehingga segala sesuatunya dapat diatasi bersama. (Satria)



Bagikan :
RajaBackLink.com