Lurah Lappa Punya Program Gerebek Lingkungan, Libatkan Elemen Masyarakat

 

Gerebek Lingkungan di kelurahan Lappa.

INSTINGJURNALIS.COM "Gerebek Lingkungan", sebuah peribahasa yang tidak asing lagi bagi warga di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.


Program ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap akhir pekan tiba. Membersihkan lingkungan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.


Seperti yang dilakukan warga Lappa yang dipimpin Lurah Lappa, A. Rivai Azis, Sabtu (14/1/2023).


Menurut Rivai, program ini sudah menjadi salah satu program Pemerintah Kelurahan Lappa sejak tahun lalu. Dan, di awal tahun 2023 ini program tersebut kembali dilanjutkan dengan mengubah pola dari tahun sebelumnya khususnya dalam pelibatan seluruh aparat yang ada di kelurahan. 


"Jika tahun lalu yang kita libatkan Ketua RT dan Kepala Lingkungan setempat.  Pola ini kita ubah dengan cara melibatkan seluruh Kepala Lingkungan dan Ketua RT untuk ikut kerja bakti pada satu titik lingkungan," jelasnya. 


Lebih lanjut dikatakan, dalam aksi bersih-bersih ini sedikitnya ada 7 Kepala Lingkungan dan 71 Ketua RT yang ikut kegiatan ini serta melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas, aparat kelurahan, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, Majelis Taklim dan masyarakat setempat. 


Ia menilai cara ini efektif, terbukti antusias warga yang ikut serta dalam kegiatan yang rutin dilaksanan setiap pekan ini samgat besar. 


"Saya melihat antusias kesadaran warga yang terlibat dalam kerja bakti ini cukup besar.  Mereka tidak hanya ikut membersihkan tetapi secara sukarela juga ada yang menyiapkan kue-kue dan kopi," tandasnya. 


Ia berharap dengan program 'Gerebek Lingkungan' ini dapat lebih meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya kebersihan serta keindahan lingkungan sekitar. (Satria)


Bagikan :
RajaBackLink.com