TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Sekda Sinjai Harap Pengembangan Rumput Laut Sejahterakan Masyarakat

 


INSTINGJURNALIS.COM  - Komoditi rumput laut akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di wilayah pesisir yang membentang di 3 kecamatan, yakni Sinjai Utara, Sinjai Timur dan Tellulimpoe.


Untuk mematangkan rencana pengembangan rumput laut tersebut, Pemkab Sinjai menggelar pertemuan dengan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) teknis hingga pemerintah kecamatan, desa dan para petani rumput laut.


Pertemuan tersebut berlangsung di Kawasan Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Senin (05/06/2023) siang.


Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengatakan bahwa digelarnya pertemuan ini sebagai langkah awal kepada masyarakat pesisir untuk sosialisasi pengembangan rumput laut di wilayah pesisir Sinjai.


"Harapan kita, masyarakat bisa terbuka wawasannya untuk mengelola rumput laut yang terbaik di Kabupaten Sinjai dan ini sesuai arahan bapak Bupati Sinjai untuk segera kami tindaklanjuti," ujarnya.


Agar dapat memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat, pengembangan rumput laut ini diharapkan Jefrianto agar OPD teknis dapat menyusun tahapannya dengan baik.


Sehingga risiko yang kemungkinan muncul dalam proses pengembangannya dapat diminimalisir. Sebab muara dari program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Pengembangan rumput laut ke depan bisa mengangkat tingkat kesejahteraan masyarakat. Ke depannya kita berharap agar desa-desa yang mengembangkan rumput laut bisa menjadi desa devisa. Jadi rumput laut kita bukan dikirim ke pasar lokal, harapan kita bisa menyisir pasar-pasar ekspor," harapnya.


Seperti diketahui, pengembangan komoditi rumput laut di Kabupaten Sinjai akan dikerjasamakan dengan pihak Lembaga pembiayaan ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank.


Hal tersebut ditandai saat Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) melakukan silaturahmi dengan Direktur Pelaksana Bidang Hubungan Kelembagaan, Indonesia Eximbank, Chesna F. Anwar di Jakarta, Senin (15/05) lalu.


Pertemuan tersebut membahas pengembangan rumput laut jenis Cottonii. Bahkan mendorong beberapa desa di Sinjai menjadi "Desa Devisa" dengan melakukan pembinaan dan fasilitasi sampai bisa melakukan ekspor. (HMS)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.