TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Puluhan Pelaku Pariwisata di Sinjai Ikuti Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

 




INSTINGJURNALIS.COM  - Sebanyak 40 pengelola desa wisata di Bumi Panrita Kitta' sebutan daerah Kabupaten Sinjai mengikuti pelatihan pengelolaan desa wisata di Gedung Pertemuan Sinjai, Kamis (6/7/2023).


Pelatihan yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi agar profesional dan berkualitas dalam mengelola Desa Wisata.


Menurut Kadisparbud Sinjai, Tamzil Binawan, bahwa pelatihan yang diikuti para perwakilan dari 20 Desa Wisata yang telah dibentuk sebelumnya oleh Disparbud Sinjai bakal berlangsung selama tiga hari kedepan.


"Tujuannya meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi dalam pengembangan desa wisata agar lebih profesional dan berkualitas. Jadi nanti hari terakhir 8 Juli kita akan laksanakan di Desa Barania, Sinjai Barat," pungkasnya.


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar, mengatakan, mengatakan pelatihan ini diharapkan menjadi wahana edukasi bagi pengelola desa wisata yang ada di Kabupaten Sinjai.


Ini penting kata dia, agar pengelola desa wisata mampu mengetahui dan memahami pengetahuan dasar tentang kepariwisataan serta pentingnya Sapta pesona dalam mewujudkan masyarakat sadar wisata, penguatan kelembagaan, pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan kemandirian SDM bagi pengelolanya.


"Yang paling penting mampu memberikan pelayanan kepada wisatawan memberi peluang dan peran yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dalam membangun kepariwisataan melalui desa wisata," ucapnya.


Lebih lanjut dikatakan, kehadiran desa wisata memiliki peran sentral dalam mendorong sektor perekonomian masyarakat setempat. Dengan demikian akan menciptakan lapangan kerja, dan dampaknya akan mengurangi pengangguran.


Hal itu dapat terwujud jika pengelola desa dapat menghimpun seluruh potensi yang ada. Tidak hanya menyajikan keindahan alam, panorama, adat dan budaya misalnya kata dia, akan tetapi juga harus sejalan dan seiring dengan pengembangan potensi lainnya seperti dari segi UMKM, akomodasi, rumah makan dan lainnya.


Olehnya itu, Ilham berharap pelatihan pengelola desa wisata menjadi multiplayer efek terhadap pengembangan desa wisata ekonomi yang lain, peningkatan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran betul-betul bisa terwujud.


"Pengembangan desa wisata tidak bisa bergerak sendiri tapi menghimpun komponen yang ada, bagaimana agar konsep desa wisata kita berkembang. Kalau konsep desa wisata ini terwujud akan membuka banyak lapangan kerja dari berbagai bidang," ujarnya.


Hadir sebagai narasumber pada pelatihan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Dr. Yuhadi Samad, Dra Margaretha dari Poltekpar Makassar, serta Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata Indonesia, Andi Yuwono.






- GABUNG BERSAMA INSTING JURNALIS COMMUNITY 

- JADWAL, KLASEMEN, SKOR LIGA 1 INDONESIA 2023 - 2024

- BERLANGGANAN BERITA INSTING JURNALIS

Komentar0

Type above and press Enter to search.