TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Xanana Gusmao kembali dilantik sebagai Perdana Menteri Timor Leste

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Mantan pejuang kemerdekaan Timor Leste Xanana Gusmao kembali dilantik pada Sabtu sebagai perdana menteri di negara termuda di Asia setelah partainya memenangkan pemilihan parlemen pada Mei 2023


Bertempat di istana kepresidenan di Dili, ibu kota, di mana dia dan anggota Kabinetnya dilantik oleh Presiden Jose Ramos-Horta, sesama pejuang kemerdekaan selama bergabung dengan Indonesia.


Pemerintah baru adalah koalisi antara Kongres Nasional Rekonstruksi Timor Timur Gusmao, yang dikenal sebagai CNRT, dan Partai Demokrat.


Gusmao, 77, menjadi presiden pertama negara itu antara 2002 dan 2007, dan menjabat sebagai perdana menteri antara 2007 dan 2015.


Dalam pemilihan Mei, partainya memenangkan 41% suara untuk merebut 31 dari 65 kursi di Parlemen Nasional. Itu hanya kurang dari 33 yang dibutuhkan untuk mayoritas langsung, dan Gusmao setuju untuk membentuk pemerintahan dengan Partai Demokrat, yang memenangkan enam kursi.


Hasil pemilu menunjukkan ketidakpuasan yang mendalam terhadap pemerintah sebelumnya, yang dipimpin oleh Front Revolusioner untuk Timor Timur Merdeka, yang dikenal sebagai Fretilin.



Gusmao menghadapi perjuangan berat dalam mengatasi tantangan ekonomi karena hampir 42% dari perkiraan 1,5 juta orang di negara itu hidup di bawah garis kemiskinan. PBB memperkirakan untuk setiap 1.000 bayi yang lahir di negara itu, 42 meninggal sebelum ulang tahun kelima karena kekurangan gizi.


Gusmao bersumpah untuk mengurangi kemiskinan melalui rencana pembangunan strategis pemerintahnya dan menegaskan kembali pentingnya rekonsiliasi dan persatuan nasional untuk mencapai tujuan pembangunan.


“Saya berjanji akan menjalankan tugas yang dipercayakan rakyat kepada saya dan membawa kemakmuran bagi rakyat Timor melalui program pemerintah,” kata Gusmao pada upacara pelantikan.


Dia berjanji akan memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk merancang program pembangunan mereka sendiri, termasuk untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak.


@instingjurnalis Xanana Gusmao kembali dilantik sebagai Perdana Menteri Timor Leste #xananagusmao #timorleste #ramoshorta #perdanamenteri #beritatiktok #berita ♬ suara asli - instingjurnalis


Utusan Presiden RI Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan turut hadir dalam peresmian tersebut.


Negara ini memiliki populasi kaum muda yang signifikan — 65% berusia di bawah 30 tahun. Negara ini juga termasuk yang paling miskin di dunia. Lebih dari dua dekade setelah menerima kemerdekaan formal pada tahun 2002, terdapat kekurangan infrastruktur dasar termasuk pasokan listrik yang dapat diandalkan dan jalan beraspal di daerah pedesaan.


“Dia memiliki karisma dan pengalaman yang kaya sebagai seorang pemimpin,” kata seorang warga Dili, Joao Agustino Sarmento, tentang Gusmao. “Tapi kami ingin melihatnya membuat perubahan yang lebih signifikan dengan pemerintahan barunya untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran yang masih dihadapi negara kami.”


Transisi Timor Leste menuju demokrasi sangat sulit, dengan para pemimpin memerangi kemiskinan, pengangguran, dan korupsi yang masif. Perekonomian bergantung pada berkurangnya pendapatan minyak lepas pantai.



- GABUNG BERSAMA INSTING JURNALIS COMMUNITY 

- JADWAL, KLASEMEN, SKOR LIGA 1 INDONESIA 2023 - 2024

- BERLANGGANAN BERITA INSTING JURNALIS

Komentar0

Type above and press Enter to search.