TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pj Bupati Sinjai Sambut Positif Kolaborasi dengan eSeaweed Indonesia Foundation Kurangi Sampah Plastik dari Rumput Laut

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]  Penjabat Bupati (Pj Bupati) Sinjai T.R Fahsul Falah menyambut baik upaya pengendalian dan pengelolaan sampah plastik yang dihasilkan dari aktivitas budidaya rumput laut.


Hal itu diungkapkan Pj Bupati T.R Fahsul Falah saat mendampingi Ketua eSeaweed Indonesia Foundation, Andi Marcelya Awaludin saat meninjau langsung lokasi aksi bersih sampah yang akan dipusatkan di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kamis, (26/10/2023) sore.


Menurut T.R sapaan Pj Bupati Sinjai, pengendalian dan pengelolaan sampah plastik merupakan program eSeaweed Indonesia dengan melaksanakan pembersihan sampah dalam rangka untuk meningkatkan mutu rumput laut sekaligus untuk mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan.


Kerja sama pembersihan sampah ini juga sejalan dengan program pengelolaan sampah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.


"Pengendalian dan pengelolaan sampah plastik juga merupakan program prioritas kami selaku Pj Bupati Sinjai karena nanti masyarakat akan melihat yang dulunya ini sampah nanti akan berubah menjadi nilai ekonomis," ujarnya.


Disisi lain, bagi pemerintah daerah akan menjadi pendapatan asli daerah. Sebab, sampah-sampah nantinya yang sudah dipisahkan akan dibeli oleh salah satu investor yang akan dimasukkan diakhir tahun 2023.


Sementara itu, Ketua eSeaweed Indonesia Foundation, Andi Marcelya Awaludin mengatakan aksi bersih sampah merupakan program yang diinisiasi oleh Pangdam di delapan Kabupaten khususnya di daerah pesisir. Rencananya, ini akan dilakukan secara serentak diatas tanggal 6 atau awal November 2023.


"Pembersihan pantai di delapan Kabupaten akan dihadiri Pak Pangdam. Kami sebagai Foundation dari lembaga non profit dimana kami bekerja untuk mengurus isu-isu lingkungan yang muncul akibat dari budidaya rumput laut. Kenapa rumput laut? karena produksi rumput laut ini semakin hari semakin tinggi sementara sampah yang dihasilkan itu juga semakin tinggi," ujarnya.


Pj Bupati Sinjai bersama Ketua eSeaweed Indonesia Foundation, Andi Marcelya yang mengunjungi dua lokasi rencana pembersihan sampah di Desa Tongke-Tongke didampingi Kepala Dinas LHK,  Kepala Desa Tongke-Tongke, Perwakilan Kodim 1424 Sinjai serta beberapa Kepala OPD. (Hms)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0