TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pj Bupati Bone Sebut Bank Siapkan Modal Usaha Pengembangan Pisang

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]     Penjabat (Pj) Bupati Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Islamuddin mengajak para petani untuk menanam pisang. Bank telah menyiapkan modal usaha Rp 100 juta untuk tiap kelompok tani.


"Jadi kita sudah bicara dengan Bank Mandiri untuk bantuan modal bagi petani pisang. Alhamdulillah pihak bank sudah akan memberikan bantuan kepada para petani pisang," ujar Islamuddin, Sabtu (18/11/2023).


Islamuddin menyampaikan pihak bank menyiapkan modal mulai dari penggarapan lahan, hingga bibit bagi petani yang ingin menanam pisang. Proses pembayarannya pun bisa dilakukan setelah panen.


"Jadi, kalau petani ingin menanam pisang tidak ada modalnya, bank bisa siapkan sampai Rp 100 juta. Bayarnya pun per panen," katanya.


Islamuddin menambahkan, pihaknya berterima kasih atas apa yang dilakukan oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin untuk Kabupaten Bone. Apalagi sekaligus ada tiga komoditas fokusnya yakni, pisang, nanas, dan ikan nila.


"Terima kasih Bapak Pj Gubernur Sulsel saya yakin apa yang diberikan akan bernilai ibadah. Alhamdulillah, ini nanti akan sangat bermanfaat untuk masyarakat di Kecamatan Mare. Kemudian akan menyebar ke Sulsel, seluruh Indonesia bahkan luar negeri," jelasnya.


Sebelumnya diberitakan, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menjadikan Bone sebagai pusat persemaian bibit pisang. Kapasitas persemaian dapat menampung hingga 40.000 bibit pisang.


"Saya sangat optimis melihat progres perkembangan persemaian bibit cavendish. Dan ini Insyaallah akan menjadi pusat persemaian bibit terbesar di wilayah Sulsel," ujar Bahtiar usai meninjau lokasi pembibitan di Dusun Waru, Desa Batu Gading, Kecamatan Mare, Sabtu (18/11). (Detik)




BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0