TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Selamat, Desa Panaikang Juara III Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]   -  Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Sinjai, khususnya dalam bidang pariwisata. Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur dinyatakan sebagai peserta yang berhasil meraih peringkat ke-3 pada Anugerah Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.


Perlombaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa-PDTT RI) ini diikuti sebanyak 2.007 desa wisata di seluruh Indonesia dan menempatkan Desa Panaikang sebagai peringkat ke-3 pada perlombaan kategori II, yakni desa maju dan mandiri.


Keberhasilan Desa Panaikang meraih prestasi tersebut karena sukses mengembangkan pariwisata, khususnya di destinasi wisata yang terkenal, yakni Pantai Mallenreng.


Hasil dari ajang yang digelar Kementerian Desa-PDTT itu diketahui saat pelaksanaan Malam Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara yang digelar di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (24/11) malam.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Dr. Yuhadi Samad saat dikonfirmasi, Sabtu (25/11) menuturkan, keberhasilan Desa Panaikang dalam ajang nasional tidak terlepas dari upaya dari semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, hingga pemerintah desa maupun pengelola wisata.


"Tentu ini sangat membanggakan, karena dari 2.007 peserta lomba Desa Wisata Nusantara tahun ini dan melalui proses yang ketat, alhamdulillah Sinjai melalui Desa Panaikang berhasil meraih peringkat ke-3," tuturnya.


Penghargaan dan hadiah kepada para desa yang berhasil meraih prestasi di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 ini diserahkan langsung Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar yang diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah bersama Kepala Desa Panaikang, Bahtiar.


Hadiah yang diterima berupa sertifikat penghargaan, serta uang tunai sebesar Rp40 juta.


Turut hadir mendampingi, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai Cut Resmiati, Kepala Dinas PMD Sinjai Yuhadi Samad, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai Tamzil Binawan, dan para pengelola wisata Desa Panaikang.


Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Sinjai juga menerima penghargaan Satyalancana wisata bersama Kepala Desa Panaikang, Bahtiar yang disematkan langsung Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar.


Penghargaan tersebut diberikan karena Pj Bupati Sinjai bersama Kepala Desa Panaikang dianggap memiliki kepedulian terhadap pengembangan desa wisata. (*)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0