TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pertama Kali, Napak Tilas di Situs Perjanjian Topekkong di Puncak HJS

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS] - Hal baru dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai pada puncak peringatan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-460 tahun ini.


Adalah melakukan Napak Tilas di situs Perjanjian Topekkong, yang terletak di Lingkungan Taipa, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (27/2).


Napak tilas dilakukan setelah rangkaian acara puncak HJS ke-460 selesai yang dipusatkan di Halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai.


Selain Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah, Napak tilas juga diikuti Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari.


Pj Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, menggarisbawahi pentingnya memahami dan merevitalisasi sejarah lokal sebagai fondasi pembangunan yang lebih maju. 


Dia menekankan perlunya menjaga dan merawat situs ini sebagai bagian dari upaya melestarikan warisan budaya dan memberikan edukasi kepada generasi mendatang


“Situs ini harus tetap dijaga dan dirawat sebagai upaya melestarikan dan edukasi yang akan terus diberikan pada generasi selanjutnya agar tidak lupa pada sejarah daerah kita sendiri,” ucapnya.


Selanjutnya, T.R. Fahsul Falah berkomitmen untuk mengembangkan situs ini menjadi tempat wisata yang tidak hanya monumental, tetapi juga edukatif. Dia menyatakan rencananya untuk menambah fasilitas agar generasi muda tertarik untuk belajar dan memahami isi perjanjian Topekkong.


Asisten II Pemprov Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari memberikan apresiasi terhadap situs bersejarah ini dan menekankan pentingnya implementasi nilai-nilai Perjanjian Topekkong dalam menciptakan kedamaian dan kerukunan di Sinjai.


Dia juga menyampaikan niatnya untuk mengusulkan pengembangan situs ini kepada Pj Gubernur Sulsel, mengingat pentingnya sektor pariwisata dalam pembangunan daerah.


“Saya kira selain sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Pemprov juga tengah menggenjot sektor pariwisata dan situs bersejarah seperti ini masuk didalamnya,” katanya.


Acara berakhir dengan penandatanganan prasasti situs perjanjian Topekkong oleh Pj Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, sebagai tanda komitmen dalam menjaga dan mengembangkan warisan sejarah daerah. (**)


BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0

Type above and press Enter to search.