TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Kapal Perang Rusia Tiba di Laut Mediterania Menyusul Ketegangan Israel-Iran

 

Ilustrasi - Image : rri

INSTINGJURNALIS.COM -  Ketegangan antara Israel dan Iran semakin memanas dengan kedatangan sebuah kapal perang angkatan laut Rusia yang dilengkapi dengan rudal supersonik Kinzhal di Laut Mediterania. Kapal ini kabarnya telah melewati Terusan Suez dalam apa yang disebut sebagai bagian dari rencana latihan angkatan laut Rusia. Moskow, 15 April 2024.


Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pengiriman kapal ini adalah bagian dari rencana ekspedisi rutin. Namun, beberapa pihak menuduh Rusia melakukan langkah tersebut untuk melindungi Iran dari potensi serangan Israel.


"Kapten kapal Marshal Shaposhnikov akan terus menjalankan tugasnya sesuai dengan rencana ekspedisi," demikian keterangan resmi Kementerian Pertahanan Rusia yang dilaporkan oleh Al Jazeera.


Kehadiran kapal perang Rusia ini diperkirakan akan memperpanas situasi di Timur Tengah karena Rusia telah menunjukkan dukungan yang kuat terhadap Iran dalam konflik dengan Israel.


Sementara itu, kehadiran banyak kapal perang AS di kawasan tersebut meningkatkan potensi terjadinya konflik yang lebih besar. Pekan lalu, Kremlin telah mengeluarkan seruan kepada semua negara di Timur Tengah untuk menahan diri dan mencegah eskalasi lebih lanjut setelah serangan udara yang mematikan terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April lalu.



Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP  

Komentar0